Kelanjutan Pilkades Serentak di Sumenep, Panitia Tidak Usah Merubah Tanggal Undangan

  • Whatsapp
(FOTO: KM/MOH RAZIN) FINAL: Jadwal pilkades serentak di Sumenep bakal dilaksanakan pada 25 November mendatang.

KABARMADURA.ID | SUMENEP -Meski Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Sumenep sudah mengeluarkan jadwal pelaksanaan pemilihan kepala desa (pilkades) serentak 2021. Namun sampai saat ini belum ada kepastian terkait wajib vaksin saat masuk tempat pemungutan suara (TPS).

Kepastian pelaksanaan pilkades serentak di 84 desa pada tanggal 25 November sudah diumumkan berdasarkan Surat Keputusan (SK) Bupati Sumenep Nomor 188/437/KEP/435.013/2021.

Bacaan Lainnya

Kepala DPMD Sumenep M Ramli menyampaikan, berdasarkan Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 45 Tahun 202,1 seluruh tahapan yang sudah dilakukan tetap sah secara hukum. Sehingga tidak perlu diulang kembali terkait tahapan yang sudah dilaksanakan.

“Misal seperti tanggal undangan itu panitia boleh mencetak lagi atau tidak usah mencetak, cukup diumumkan melalui pengeras suara atau pemberitahuan lainnya,” katanya, Selasa (1/11/2021).

Alasan panitia diperbolehkan tidak usah kembali mencetak undangan. Sebab, penundaan itu menjelang pelaksanaan. Pilkades sudah tinggal 4 hari, persiapan sudah hampir final atau lebih dari 90 persen.

Ramli melanjutkan, dalam pelaksanaan pilkades serentak wajib mematuhi protokol kesehatan (prokes). Namun, untuk rekomendasi yang terpenting Sumenep tidak berada di level 4.

Mantan Kepala Dinas Sosial itu juga menjelaskan, terkait ada kewajiban terhadap masyarakat yang mempunyai hak pilih untuk datang ke setiap TPS, termasuk keharusan bervaksin pihaknya belum bisa memastikan. Saat ini pihaknya masih ingin berkoordinasi lebih lanjut terkait  pelaksanaan pilkades tersebut.

“Apakah gugur atau tidak ditunggu saja instruksi lanjutan, tetapi memang capaian percepatan vaksin menjadi salah satu pertimbangan lancarnya pelaksanaan pilkades,” tukasnya.

Reporter: Moh Razin

Redaktur: Mohammad Khairul Umam

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *