Kelanjutan Pilkades Serentak di Sumenep Tunggu Keputusan Bupati

  • Whatsapp
(FOTO: KM/MOH RAZIN) BELUM JELAS: Kepala DPMD Sumenep M Ramli saat diwawancarai  soal tahapan pilkades serentak.

KABARMADURA.ID, SUMENEP -Kelanjutan pelaksanaan pemilihan kepala desa (pilkades) serentak di Sumenep masih ngambang. Kendati Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Sumenep sudah mengajukan permohonan  percepatan pelaksanaan kepada Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), namun sejauh ini belum ada keputusan.

Kepala DPMD Sumenep M Ramli menjelaskan, hasil koordinasi dengan Kemendagri, untuk Sumenep sudah diperbolehkan melaksanakan pilkades serentak.

Bacaan Lainnya

“Jawabannya Sumenep diperbolehkan melaksanakan pilkades secara serentak, tetapi dengan beberapa persyaratan atau ketentuan yang diberlakukan,” kata mantan Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Sumenep itu, Minggu (19/9/2021).

Ketentuan itu di antaranya, daerah yang boleh menggelar pilkades harus penerapan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 2. Sementara di Sumenep sudah memenuhi itu. Tetapi masih ada syarat lain yakni pencapaian percepatan program vaksinasi dan ketat protokol kesehatan (prokes) di setiap tempat pemungutan suara (TPS).

Sehingga, lanjut dia, sebagai tindak lanjut pihaknya akan memanggil para Penjabat (Pj) desa-desa yang bakal melaksanakan pilkades. Mereka bakal diminta membantu percepatan vaksinasi dan ketentuan-ketentuan lain tersebut.

“Kami tinggal menunggu perintah pak bupati saja. Karena yang menjadi titik tekannya vaksinasi,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Sumenep Agus Mulyono menyebutkan, hingga hari ini capaian vaksinasi di Kota Keris masih sekitar 21 persen.

“Upaya kami sudah dimaksimalkan dengan bekerjasama dengan tokoh agama dan pesantren-pesantren,” papar Agus.

Reporter: Moh Razin

Redaktur: Mohammad Khairul Umam

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *