Keluhkan Pelayanan Pengurusan Dokumen Kependudukan

  • Whatsapp
KM/SUBHAN RIBET: Proses pengurusan dokumen kependudukan di Dispendukcapil Sampang dikeluhkan warga, pasalnya pelayanan tidak ramah dan berbelit.

Kabarmadura.id/Sampang-Alih-alih mau melayani masyarakat dengan sepenuh hati, proses pengurusan dokumen kependudukan di Dinas Kependudukan dan Pencacatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Sampang dikeluhkan warga. Pasalnya, pelayanan kepada warga tidak ramah dan berbelit, karena proses penerbitan dokumen kependudukan membutuhkan waktu hingga berhari-hari.

Salah seorang warga yang mengeluhkan bobroknya pelayanan di Dispendukcapil Sampang adalah Mat Juri (27), warga Desa Karang Anyar, Kecamatan Ketapang. Ia menilai pelayanan di Dispendukcapil tidak ramah, karena pada saat jam kerja oknum petugas yang berjaga di pelayanan malah sibuk bermain Hp, tidak fokus melayani masyarakat yang membutuhkan pelayanan.

“Saya sangat kecewa atas pelayanan di Dispendukcapil ini, mestinya penjaga harus bersikap ramah dan sopan serta fokus melayani masyarakat yang datang, tidak sibuk main Hp-nya,”kesalnya.

Kepada Kabar Madura, Mat Juri mengaku, dirinya tidak hanya kecewa dan kesal karena pelayanan yang kurang ramah, akan tetapi diperparah terkait proses pengurusan dokumen kependudukan, seperti KK, KTP, AKTA dan sebagainya yang berbelit, membutuhkam waktu yang hingga tiga hari dan seterusnya.

Alumnus Ilmu Hukum UTM itu menceritakan, saat dirinya membuat KK harus menunggu selama berhari-hari, padahal semua persyaratan sudah dilengkapi sesuai ketentuan dan aturan yang berlalu. Sehingga dirinya harus bolak balik ke Dispendukcapil Sampang, padahal waktu itu stok blangko KK informasinya masih ada, namun KK tidak kunjung diterbitkan.

Lebih lanjut, Mat Juri menegaskan, jika pelayanan tidak efektif dan efesien tentunya sangat merugikan warga, karena harus meluangkan waktu dan merogoh biaya yang relatif banyak. Untuk itu, ia berharap ke depan kualitas pelayanan di Dispendukcapil Sampang lebih baik.

”Saya pribadi berharap ke depan pelayanan lebih efektif dan efisien, sehingga tidak merugikan masyarakat,”harapnya.

Keluhan senada juga disampaikan warga Sampang yang namanya enggan dikorankan. Ia mengaku kecewa terhadap pelayanan pengurusan dokumen kependudukan di Dispendukcapil Sampang, sebab untuk mendapatkan KTP harus menunggu lama. Padahal dirinya sudah melakukan perekaman, hanya saja tinggal mencetak kartunya.

”Bagaimana tidak kecewa dan kesal, untuk memiliki KTP saja harus menunggu berhari-hari, makanya ke depan kami harap pelayanan diperbaiki. Andaikan bisa, lama pembuatan KTP 5 menit, sehingga lebih efektif dan efisien,”ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dispendukcapil Sampang Moh. Ali Wafa belum bisa dimintai keterangan. Saat dihubungi melalui telepon pribadi tidak aktif. Sementara Kabid Pelayanan Pendaftaran Penduduk, Achmadi tidak bisa dimintai keterangan, kendati sudah berkali-kali dihubungi melalui telepon pribadinya, tetap tidak direspon. (sub/pai)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *