Keluhkan Tagihan PDAM Sampang Bengkak, Pelanggan Sebut Naik hingga Tiga Kali Lipat

News80 views

KABARMADURA.ID | SAMPANG -Tagihan bulanan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Trunojoyo Sampang dikeluhkan oleh pelanggan, lantaran mengalami kenaikan tagihan hingga tiga kali lipat dari sebelumnya.

Salah seorang pelanggan asal Jalan Imam Bonjol itu mengatakan, tagihan tersebut naik secara tiba-tiba tanpa adanya pemberitahuan sebelumnya. Menurutnya, tagihannya PDAM yang biasanya sekitar Rp200 ribu per bulan, namun dalam dua bulan terakhir membengkak hingga sekitar Rp900 ribu per bulan.

KM10082023
COVER 09 AGUSTUS 2023-1@1x_1
KM07082023
KM03082023

“Saya kaget dan heran. Entah kenapa dua bulan terakhir ini tagihan PDAM membengkak. Dari biasanya hanya Rp200 ribu hingga Rp250 ribu, tapi bulan kemarin menjadi Rp772 ribu dan bulan ini Rp973 ribu,” ujar pelanggan PDAM Trunojoyo yang berinisial S, Selasa (13/6/2023).

Baca Juga:  Dugaan Korupsi Dana Tunjangan BPD Karang Gayam, Polres Sampang Butuh Dokumen Pendukung

Menanggapi keluhan pelanggan itu, Hubungan Langganan (Hublang) PDAM Trunojoyo Sampang Supri menjelaskan, naiknya tagihan itu karena beberapa faktor, salah satunya disebabkan adanya program meterisasi di semua pelanggan. 

Kemungkinan sebelum ada meterisasi, lanjut Supri, pemakaian airnya tidak terkontrol. Sehingga, begitu ada meteran, jumlah pemakaian air terdeteksi dengan baik.

“Memang setelah meterisasi ini banyak kejadian serupa, pelanggan mengeluhkan besaran tagihan ini. Tapi, setelah dicek ulang ke rumah pelanggan tidak ada masalah, memang dalam penggunaan airnya yang kurang hati-hati. Sehingga tagihannya membengkak,” jelasnya.

Baca Juga:  Ganti Pipa Peninggalan Belanda, Jaringan PDAM Sampang Terhenti 5 Hari

Lebih lanjut dia menegaskan, apabila pelanggan menemukan kejanggalan dalam besaran tagihan yang keluar, pihaknya meminta agar mengadu ke perusahaan. Sehingga bisa segera ditindaklanjuti. 

Menurut Supri, memang setelah pemasangan water meter itu, pelanggan diminta untuk lebih hati-hati dan bijak dalam menggunakan air. 

“Tidak ada pihak yang dirugikan kalau sudah ada water meter. Maka, jika ada keluhan tagihan, segera lapor. Agar dicek oleh petugas kami, jangan bayar dulu,” tukasnya.

Pewarta: Subhan

Redaktur: Sule Sulaiman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *