oleh

Kembali Tergenang, Kepastian Kantor Baru KPU Ditunggu

Kabarmadura.id/Pamekasan-Hujan yang mengguyur Kota Pamekasan selama 6 jam, Senin (17/2/2020) sore, kembali menenggelamkan kantor KPU Pamekasan. Beruntung, tidak butuh lama untuk kembali surut. Akibatnya, banyak perabotan dan berkas di kantor yang menjadi korban.

Sejumlah komisioner maupun staf KPU bahu membahu untuk mengamankan berkas penting negara, namun hal itu dirasa belum cukup untuk menjamin keamanan berkas-berkas penting-penting tersebut.

Terlebih, ancaman banjir itu masih mengintai. Sebab, jika kembali terjadi hujan dengan intensitas tinggi, kondisi serupa bisa kembali dialami kantor KPU dan pemukiman sekitarnya.

Komisioner KPU Pamekasan Fathorrahman mengaku, kantornya memang kerap kali menjadi langganan banjir setiap musim hujan, air sampai masuk ke ruang-ruang kantor, sehingga pihaknya tidak bisa bekerja dengan optimal. Dia juga khawatir dokumen penting milik negara di kantor KPU akan rusak.

Menurutnya, banjir itu selain memang disebabkan oleh intensitas hujan yang begitu tinggi, juga karena saluran air yang tidak memadai. Terlebih, lokasi kantor berada dekat dengan saluran air, sehingga air itu meluap dan masuk ke kantor KPU.

“Di sini memang menjadi langganan banjir setiap musim hujan, selain karena hujan yang sangat deras, saluran air di sekitar ini memang tidak memadai, jadi airnya meluap dan masuk ke kantor,” ucapnya.

Untuk itu, Fathor mengatakan, kondisi kantornya sudah tidak lagi representatif. Sehingga perlu dilakukan tindakan pembangunan secara total.

“Perlu dibangun total, kantornya sudah tak representatif, pondasinya harus ditinggikan, karena kotor itu berada dekat dengan saluran air perumahan warga yang tak memadai dan tak bisa menampung air dengan yang ada” ungkapnya.

Sejatinya, tahun 2020 ini, KPU Pamekasan sudah direncanakan membangun kantor baru dengan anggaran senilai Rp3,7 miliar.

“Sebenarnya pembangunan direncanakan dilakukan pada tahun anggaran 2019 kemarin, tetapi karena kendala teknis, pembangunannya ditunda ke tahun 2020,” ungkapnya.

Sebelumnya, pihak Badan Keuangan Daerah (BKD) Pamekasan menyatakan, besaran anggaran untuk pembangunan kantor KPU berkisar Rp3,7 miliar. Untuk realisasi anggaran itu, direncanakan akan digelar pada awal tahun 2020.

Adapun untuk lokasi pembangunan kantor KPU yang baru, Pemkab Pamekasan berjanji akan mencarikan tempat strategis yang berada di akses jalan provinsi. Namun jika itu tidak memungkinkan, maka tetap akan pembangunan kantor KPU yang baru tetap di Jalan Brawijawa, Pamekasan, atau lokasi kantor KPU saat ini. (km53/pin/waw)

 

Komentar

News Feed