oleh

Kembangkan Potensi Lokal, Desa Prekbun Berdayakan Ibu-Ibu PKK

KABARMADURA.ID, Pamekasan  – Salah satu desa yang giat melakukan sejumlah terobosan, guna memajukan desanya. Tepatnya, Desa Prekbun Kecamatan Pademawu, Kabupaten Pamekasan. Desa ini memiliki sejumlah pencapaian berharga sebagai desa berprestasi.

Dalam pengelolaannya, dilakukan secara transparan dengan tingkat produktivitas yang terus dikembangkan. Salah satu yang menjadi konsentrasinya, yaitu pengelolaan ekonomi melalui badan usaha milik desa (BUMDes).

Perekonomian Desa Prekbun mengalir normal dengan memanfaatkan ibu-ibu pemberdayaan kesejahteraan keluarga (PKK) dalam setiap pengelolaannya. Sehingga potensi sumber daya manusia (SDM) lokal, mampu terpakai dengan memprioritaskan potensi lokal desa.

Ibu-ibu PKK dinilai memiliki kompetensi yang lebih telaten dan piawai dalam mengelola keuangan. Karenanya, Desa Prekbun tidak menyia nyiakan ibu-ibu PKK agar bisa berkarya dan berkontribusi untuk desa.

Sejumlah produk UMKM berhasil diciptakan melalui tangan-tangan ibu-ibu PKK. Sehingga bernilai komersil. Produk tersebut berupa makanan dan jajanan ringan yang diproduksi secara manual, hingga bisa menciptakan hasil berdaya jual.

Kepedulian Desa Prekbun terhadap warganya, tidak hanya di bidang ekonomi melainkan juga di bidang kesehatan. Terlebih saat wabah Covid-19 melanda. Desa ini menjadi satu-satunya desa yang tercepat dalam melakukan pembagian masker kepada seluruh warganya, sebagaimana diperintahkan oleh pemerintah pusat melalui Kementerian Desa (Kemendes).

Dan pembagian masker tersebut lagi-lagi melalui ibu-ibu PKK. Sebab selain memiliki inovasi, ibu-ibu PKK menjadi SDM yang giat melaksanakan setiap pekerjaan yang dibutuhkan ketelatenan dan keuletan.

“Karena ibu-ibu juga memiliki peran penting, selain sebagai manajer rumah tangga, juga memiliki inovasi dan ulet,” jelas, Kepala Desa (Kades), Prekbun Syaifuddin. (ali/ito)

Komentar

News Feed