oleh

Kembangkan Produk hanya dengan Satu Gerai IKM

KABARMADURA.ID, SAMPANG -Produk industri kecil menengah (IKM) di Kabupaten Sampang mencapai 343 olahan. Namun,  Dinas Koperasi Usaha Mikro, Perindustrian dan Perdagangan (Diskopindag) Kabupaten Sampang, hanya mengelola satu gerai IKM.

Sebab, tidak perlu banyak IKM untuk meningkatkan perekonomian masyarakat. Salah satu fungsi IKM, hanya sebagai wadah dari produk yang akan di jual. Termasuk juga, sebagai tempat konsultasi mengenai branding produk IKM serta bimbingan kemasan dan pemasaran online.

“Gerai IKM ini cukup satu saja, karena sebagai sentra terpusat untuk produk yang ada di Sampang,” ujar Penyuluh Perindustrian dan Perdagangan (Perindag) Diskopindag Sampang, Moh. Irwan Ferdiawan, Kamis (18/02/2021).

Menurutnya, satu gerai IKM tidak lain hanya untuk membantu peningkatan produk IKM yang ada di Sampang. Pada dasarnya, produk IKM  mencapai ribuan, akan tetapi hanya  terdata 345 produk.

Sehingga,  saat ini masih fokus melakukan pendataan kepada pelaku IKM yang memang benar-benar konsisten dalam mengolan produknya. Termasuk, pelaku IKM yang sudah mengantongi izin standarisai produk, dan  berlebel halal.

“Gerai IKM itu, hanya untuk produk yang sudah memiliki potensi standarisasi dan daya saing dipasaran,” jelasnya.

Kendati demikian, dengan adanya gerai IKM tersebut, produk-produk lokal akan lebih dikenal oleh masyarakat. Sayangnya, tempat tersebut hanya untuk IKM yang sudah memiliki standarisasi.

“Kalau sudah ada di gerai IKM, kami nanti mambantu memasarkan ke toko modern,” pungkasnya. (mal/ito)

Komentar

News Feed