Kemenag Bangkalan Prioritaskan CJH Tahun 2020

  • Whatsapp
(FOTO: KM/FA'IN NADOFATUL M) SEPI: Jamaah Umrah dan Haji tahun 2021 kembali gagal berangkat

KABARMADURA.ID, BANGKALAN –  Calon Jamaah Haji (CJH) tahun 2020 yang gagal berangkat mendapat angin segar. Sebab, Kementerian Agama (Kemenag) Bangkalan mengalihkan keberangkatan ke tahun 2021. Sehingga, tahun ini tidak ada pemberkasan CJH lagi karena diambilkan dari CJH tahun 2020.

“Sudah selesai sejak tahun yang lalu. Karena CJH tahun 2021 adalah CJH yang batal berangkat tahun kemarin,” ujar Kepala Seksi (Kasi) Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kemenag Bangkalan Wafir.

Bacaan Lainnya

Sayangnya, CJH tahun 2020 yang sejatinya akan berangkat tahun ini Kemenag Bangkalan belum memberikan kepastian akan di berangkat ke tanah suci. Sebab, mulai 3 Februari 2021, Pemerintah Arab Saudi kembali melarang kedatangan warga dari 20 negara salah satunya Indonesia.

“Kami masih menunggu informasi lebih lanjut untuk haji tahun 2021 berangkat atau tidak,” katanya.

Lanjut Wafir, hingga saat ini belum ada kebijakan atau kepastian dari Arab Saudi. Sedangkan, ibadah umrah yang sebelumnya boleh berangkat ke tanah suci, kata wafir, sejak ada aturan baru itu kembali ditunda. Dia juga belum bisa memastikan sampai kapan penundaan umrah tersebut.

“Untuk Umrah ditangguhkan kembali sampai menunggu info lebih lanjut,” paparnya.

Masih menurut Wafir, keberangkatan haji tahun 2021 akibat diberlakukannya larangan tersebut, untuk ibadah haji belum ada info lebih lanjut dari Kemenag pusat. Totalnya, di Bangkalan ada 725 CJH tahun 2020 yang siap berangkat tahun ini. (ina/mam)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *