Kemenag Pamekasan Optimis BPOPP Akan Teralisasi Tahun Ini

  • Bagikan
(FOTO: KM/Khoyrul Umam Syarif) OPTIMIS:  Kementerian Agama (Kemenag) Pamekasan, mendata  109  Madrasah Aliyah (MA) yang diajukan untuk mendapatkan bantuan penunjang operasional penyelenggara pendidikan (BPOPP).

KABARMADURA.ID, PAMEKASAN– Kementerian Agama (Kemenag) Pamekasan mencatat ada 109  Madrasah Aliyah (MA) akan menerima bantuan penunjang operasional penyelenggara pendidikan (BPOPP). Program yang dikemas dengan sebutan pendidikan gratis berkualitas (Tistas) itu, merupakan program Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim).

Kepala Seksi (kasi) Pendidikan Madrasah (Penma), Kemenag Pamekasan,  Rosul mengatakan,  bagi penerima, BPOPP  MA terealisasi di triwulan ketiga pada tahun 2020 ini. Sebab, untuk lembaga pendidikan yang akan menerima BPOPP, tersebut yang sudah terdata di education management information system (EMIS).

“Menurut SK Gubernur per siswa akan memperoleh BPOPP sebesar Rp60 ribu, dan setiap kabupaten di jatim tidak sama, yang sama untuk Pamekasan dan Sampang,” ungkapanya, Selasa (08/12/2020).

Secara rinci dia memaparkan, 109 MA terdiri dari dua MA Negeri, 107 Lembaga swasta. Namun, untuk progress dari pencairan BPOPP , masih melengkapi berbagai administrasi yang telah menjadi persyaratan pencairannya. “Sekarang masih dalam proses, insyaallah untuk yang tahun 2020 bisa terlaksana, kami yakin itu,” paparnya.

Sedangkan, peruntukan BPOPP tersebut sebagai uang operasional  kegiatan belajar (KBM) di lembaga penerima. Sehingga, dengan adanya program tersebut kualitas pendidikan bisa semakin meningkat untuk melahirkan generasi yang handal. “Kalau secara juknis, penggunaan untuk keperluan sekolah, tetapi yang terpenting tidak tumpang tindih dengan pembiayaan dana lainnya yang berasal dari negara,” pungkasnya.  (rul/ito)

 

Baca juga  Berbelit-Belit, Polres Belum Kirim Kelengkapan Berkas Kasus Beras Oplosan ke Kejari
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan