oleh

Kemenag Sampang Bersama Ormas Islam Sepakati Laksanakan Tarawih di Rumah

Kabarmadura.id/Sampang-Menyikapi Surat Edaran (SE) Kementerian Agama Nomor 6 Tahun 2020 tentang Panduan Ibadah Ramadlan dan Idul Fitri 1 Syawal 1441 H di tengah wabah Covid-19. Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Sampang bersama sejumlah organisasi keagamaan, menyepakati untuk melaksanakan ibadah shalat tarawih di rumah masing-masing.

Selain itu, kegiatan buka dan sahur bersama, safari ramadhan, takbir keliling, peringatan nudzulul Qur’an, yang dapat mengakibatkan berkumpulnya banyak orang, maka diminta untuk memberikan pengertian agar tidak dilaksanakan di tengah wabah Covid-19.

Kepala Kemenag Sampang Pardi mengaku, pihaknya sudah melakukan rapat koordinasi bersama PCNU, MUI, DMI, PD  Muhammadiyah dan unsur Pemkab Sampang untuk menyambut bulan suci Ramadlan. Pada kesempatan itu, terdapat beberapa poin yang sudah disepakati untuk dilaksanakan demi kebaikan bersama.

Kata dia, kesepakatan itu di antaranya tetap mengedepankan ukhuwah islamiyah dan mengikis perbedaan. Kemudian, bersama-sama mensinergikan kekuatan membantu pemerintah, khususnya Pemkab Sampang dalam percepatan penanganan Covid-19.

Dari pada itu lanjut dia, pada bulan Ramadlan kali ini, semua aktivitas ibadah harus tetap selalu mengedepankan protokol kesehatan demi kemaslahatan bersama, serta menjaga Sampang tetap dalam zona hijau wabah Covid-19.

“Kami semua sudah sepakat untuk berlakukan kewaspadaan dan protokol kesehatan dan tetap mematuhi imbauan, seperti tidak mengadakan keramaian, tarawih, tadarus dan sebagainya,” ucap Pardi kepada Kabar Madura, Minggu (19/4/2020).

Dirinya berharap semua warga muslim, khususnya di wilayah Sampang dapat bersatu padu mendukung tujuan mulia ini, serta meniatkan semua dalam rangka ibadah serta taqorrub dan meraih barokah di bulan suci Ramadlan, sehingga wabah dan musibah bangsa ini segera berlalu agar aspek kehidupan berjalan dengan baik.

Lanjut Pardi, dirinya mengajak semua elemen untuk senantiasa memperhatikan instruksi pemerintah dalam hal ini Kemenag, terkait dengan pencegahan Covid-19 hingga ada perubahan instruksi pemerintah pusat dan daerah secara resmi, yang menyatakan keadaan telah aman dari wabah Covid-19 itu.

“Mari kita dukung upaya pak bupati beserta segenap jajarannya dalam upaya pencegahan penanganan Covid-19 ini, semoga wabah ini segera berakhir,” tandasnya. (sub/pin)

 

Komentar

News Feed