oleh

Kemenag Sampang Wacanakan Rapid Test Massal untuk Santri

Kabarmadura.id/Sampang-Kementerian Agama (Kemenag) Sampang, mewacanakan melakukan rapid tes massal di sejumlah pondok pesantren di wilayah Kota Bahari. Hal itu bertujuan untuk menekan munculnya klaster baru penyebaran wabah Covid-19.

Kepala Kemenag Sampang Pardi mengungkapkan, wacana rabid tes massal di pesantren itu, masih perlu dilakukan pembahasan lebih lanjut dengan melibatkan semua pihak terkait, yakni Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sampang melalui organisasi perangkat daerah (OPD) terkait, serta melibatkan sejumlah pimpinan pesantren dan tokoh masyarakat di wilayah itu.

Kata dia, kemungkinan proses dan tahapan pembahasan terkait wacana rapid tes baru bisa dilaksanakan dalam minggu ini, salah satunya pembahasan teknis dan soal anggaran yang menjadi domain Pemkab Sampang.

“Rapid test massal ini masih wacana. Kami tidak dalam kapasitas sebagai penentu kebijakan ini, melainkan Pemkab yang memiliki domain, seperti penganggaran dan sebagainya serta masih harus ada persetujuan dari DPRD setempat,” ungkap Pardi kepada Kabar Madura, Minggu (12/7/2020).

Sementara itu, Ketua Pansus Covid-19 DPRD Sampang Moh. Iqbal Fatoni menyarankan, Kemenag dan Dinas Pendidikan (Disdik) Sampang satu pemahaman terkait upaya pencegahan, antisipasi penyebaran wabah Covid-19 memasuki penerimaan peserta didik baru (PPDB).

Dia menguraikan, saat ini kurva kasus wabah Covid-19 di Sampang masih terus meningkat signifikan, salah satunya dari klaster pasar dan tenaga kesehatan (nakes) di RSUD dan puskesmas.

“Harus kita perhatikan dan diantisipasi munculnya klaster baru yakni santri, terlebih sekarang ini tahun ajaran baru,” urai Bung Fafan. (sub/pin)

 

Komentar

News Feed