Kemenag Sumenep Anjurkan Jemaah Umrah Tetap Bersabar

  • Whatsapp
(FOTO: KM/MOH RAZIN) PROSES: Calon jemaah haji dan umrah terus mendaftar ke Kemenag Sumenep meski belum ada kepastian pemberangkatannya.

KABARMADURA.ID, SUMENEP -Secara prosedural Kementerian Agama (Kemenag) Sumenep tidak perlu mengakomodir travel yang biasa melayani jemaah umrah, namun hanya melayani rekomendasi untuk pengurusan paspor yang diwajibkan ke masing-masing jemaah.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Seksi (Kasi) Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kemenag Sumenep Innani Mukarromah. Dikatakannya, tahun ini hanya ada dua travel yang sudah berkoordinasi untuk pemberangkatan jemaah umrah selama tahun 2021.

Bacaan Lainnya

“Sedikit cuma, paling hanya 60 jemaah saja, sebab hanya dua itu yang berangkat kemarin, itu pun tidak normal pelaksanaannya,” katanya.

Pria yang akrab disapa Innani menjelaskan, pelaksaan umrah di masa pademi tidak akan efektif, hal itu karena dalam pelaksanaanya tidak ada penambahan hari, tetapi jatah ibadah jemaah tidak optimal lantaran masih dipotong isolasi selama tiga hari ketika sampai ke Mekah.

Ditambahkannya, sementata persiapan-persiapan yang harus dilakukan tetap seperti biasa, di antaranya adalah pembuatan paspor dan dokumen jemaah umrah. Untuk travel yang sudah memberangkatkan umrah, dia menyebutkan yakni, travel Alharomain dan Arraudah.

“Urusan kemenag itu hanya merekomendasi, untuk sementara ada sekitar 50 travel, tapi yang melakukan koordinasi sementara hanya dua itu saja,” lanjut dia.

Innani berharap agar masyarakat mempunyai kesadaran terutama jamaah haji dan umrah, sebab sampai saat ini wabah Covid-19 masih ada. Sehingga bersabar saja dulu, apalagi umrah itu jika sudah diizinkan bisa kapan saja.

“Maka sebaiknya bersabar dulu daripada dampaknya tidak baik terutama mengancam kesehatan, maka ikuti dulu anjuran pemerintah,” pungkasnya. (ara/mam)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *