Kemenag Sumenep: Pengelolaan  BOS Madrasah Harus Sesuai EDM

(FOTO: KM/IMAM MAHDI) TELITI: Pencairan dana BOS dan BOP bakal bertahan jika SPj tidak disetorkan secara lengkap.

KABARMADURA.ID | SUMENEP -Bantuan operasional sekolah (BOS) dan bantuan operasional pendidikan (BOP) untuk sekolah di bawah naungan Kementerian Agama (Kemenag) Sumenep belum bisa cair.

Sebab, dalam pencairan tersebut harus menyertakan surat pertanggungjawaban (SPj) realisasi BOS dan BOP tahun sebelumnya.

Kepala Seksi (Kasi) Pendidikan Madrasah (Pendma) Kemenag Sumenep Muhammad Shadiq mengutarakan, pencairan BOS dan BOP langsung dari pemerintah pusat. Pihaknya tidak bisa berbuat, sehingga semua persyaratan langsung terhubung ke Kemenag pusat.

Bacaan Lainnya

“Jika tidak menyelesaikan SPj, maka dipastikan tidak dapat dicairkan tahun 2022 ini,” katanya, Minggu (20/2/2022).

Shadiq juga mengaku tidak bisa memastikan untuk jadwal pencairan BOS atau BOP. Namun yang jelas, dana langsung masuk ke rekening masing-masing lembaga. Tetapi, dipastikan SPj yang tidak lengkap, maka tidak akan dicairkan oleh pemerintah pusat.

“Untuk besarannya, semua masing-masing jenjang pendidikan misalnya MI hingga MA berbeda,” ucap dia.

Shadiq memparkan, untuk rincian satuan biaya BOP dan BOS, yakni RA sebesar Rp600.000 per  siswa, MI sebesar Rp900.000 per siswa, MTs sebesar Rp1.100.000 per siswa, MA dan MAK sebesar Rp1.500.000 per siswa. Bantuan tersebut akumulasi dalam setiap tahunnya.

Sementara, lanjut Shadiq, untuk jumlah siswa MI sebanyak 41.968, MTs sebanyak 26.459 siswa, MA 16.159 siswa, dan RA sebanyak 13.075 siswa.

“Kami harap madrasah dalam mengelola dana BOS tahun 2022 ini agar berprinsip pada fleksibilitas, efisiensi, dan transparansi” ujar dia.

Dilanjutkan, fleksibilitas yang dimaksud yakni, penggunaan dana BOS dikelola sesuai dengan kebutuhan madrasah berdasarkan hasil evaluasi diri madrasah (EDM).

“Semoga para lembaga dapat cepat menyetorkan SPj melalui via online,” tandasnya.

Reporter: Imam Mahdi

Redaktur: Mohammad Khairul Umam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.