oleh

Kemenag Tetap Buka Pendaftaran CJH Meski Tidak Ada Keputusan Pemberangkatan

KABARMADURA.ID, PAMEKASAN – Meski belum ada keputusan mengenai pemberangkatan calon jamaah haji (CJH) tahun ini, Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Pamekasan tetap membuka pendaftaran. Dengan demikian, CJH yang mendaftar saat ini, diperkirakan akan menunggu selama 28 tahun untuk berangkat ke tanah suci Mekkah.

Kepala Kankemenag Pamekasan, Afandi, mengatakan kondisi pandemi global Covid-19 merupakan faktor utama yang menghambat pelaksanaan ibadah haji tahun 2021. Bahkan, pemberangkatannya sempat ditunda, hingga belum ada kepastian. Sebab, pemerintah Arab Saudi, melakukan blacklist kunjungan bersama dengan 20 Negara lainnya di dunia.

“Penjelasan lebih lanjut dari keberangkatan jamaah haji, masih belum ada surat resmi, tetapi kalau pendaftarannya tetap dibuka, namun bagi yang mendaftar tahun ini berkisar 28 tahun harus menunggu,”paparnya, Selasa, (16/02/2020).

Dia juga menegaskan, misalkan pada tahun 2021 sudah ada kepastian untuk pemberangkatan pelaksanaan haji, maka yang akan diberangkatkan terlebih dahulu, para CJH yang tertunda keberangkatannya pada tahun 2021.

“Yang jelas, bagi yang keberangkatannya tertunda tahun 2020 yang masuk pada estimasi reguler berangkat secara otomatis akan mengisi keberangkatan pada tahun 2021,” jelasnya.

Berkaitan dengan keberangkatan pada tahun 2021, pemerintah pusat menginstruksikan untuk mengupdate setiap paspor pendaftar. Hal itu, sebagai persiapan keberangkatan jika sudah ada keputusan dari pemerintah Arab Saudi.

“Misalnya nanti ada keberangkatan, secara langsung nanti kami bisa proses, untuk estimasi yang tertunda kemarin sebanyak 982 orang. Semoga Covid-19 segera berlalu,” harapnya. (rul/ito)

Komentar

News Feed