Kemenangan Fauzi-Eva Diwarnai Pembelotan Kader Parpol Koalisi

  • Bagikan
(FOTO: KM/ DOK)

KABARMADURA.ID, SUMENEP-Tim sukses (timses) paslon nomor urut 1 Pilkada Sumenep, Abrare el Zael, buka-bukaan menceritakan bahwa Pilkada Sumenep dilalui dengan cukup berat.

Pasalnya, ungkap sekretaris DPC PDI Perjuangan Sumenep itu, ada sejumlah kader partai politik (parpol) koalisitim paslon Achmad Fauzi-Dewi Khalifa itu yang memilih mendukung paslon nomor urut 2.

Diketahui, ada lima parpol mendukung paslon dengan sapaan Fauzi-Eva ini, yakni PDI Perjuangan, Partai Gerindra, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Bulan Bintang (PBB) dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Akan tetapi, pria yang akrab disapa Abbe ini enggan membeberkan kader parpol yang berbeda pilihan politik.

“Kami bisa mengatakan, 90 persen solid dan 10 persen lainnya sulit. Ada orang-orang partai di sekutu kami yang tidak ke kami,”bebernya.

Namun, paslon berjargon Bismillah Melayani ini tidak patah arang. Mereka juga memikat sejumlah kader parpol lain yang tidak masuk dalam koalisinya.

Selain itu, ujian berat berada di saksi yang mengawal dari tingkat tempat pemungutan suara (TPS) hinga rekapitulasi tingkat Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumenep.

Menurutnya, saksi memiliki peran penting dalam mengawal suara asli “Bismillah Melayani” di Pilkada Sumenep 2020. Sebanyak 7.500 saksiyang diterjunkan, atau tiga saksi di masing-masing TPS, dengan rincian satu saksi di dalam dan sisanya di luar arena.

Ribuan saksi itu digodok melalui sistem multilevel marketing politik. Sebatas koordinator saksi desa yang digodok langsung, lalu mereka menyampaikan kepada saksi lainnya.

“Artinya, kami undang saksi yang bertanggungjawab di desa itu. Pelatihan untuk pelatih,” pungkasnya. (idy/waw)

 

PARPOL PENDUKUNG

PDIP (5 kursi)

Partai Gerindra (6 kursi)

PBB (1 kursi)

Baca juga  Kondisi Membaik, Pasien Covid-19 Pamekasan Tunggu Hasil Swab Lanjutan

PAN (6 kursi)

PKS (2 kursi)

 

TPS

7.500 saksi atau 3 saksi per TPS

PPK

27 saksi atau 1 saksi per kecamatan

KPU

4 saksi

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan