Kenaikan BOS, DP Sampang Nilai Belum Terbukti Tingkatkan Kualitas Pendidikan

  • Whatsapp
(FOTO: KM/SUBHAN) STAGNAN: Kualitas Pendidikan di Kabupaten Sampang disebut-sebut tidak ada kemajuan signifikan, meskipun kucuran BOS terus meningkat.

KABARMADURA.ID, SAMPANG-Kendati kucuran bantuan operasional sekolah (BOS) untuk jenjang sekolah dasar dan sekolah menengah pertama (SD/SMP) di Kabupaten Sampang terus mengalami kenaikan setiap tahunnya .Namun, tidak lantas kualitas pendidikan di wilayah itu juga terjadi peningkatan yang signifikan.

Hal itu diungkapkan oleh, Sekretaris Dewan Pendidikan (DP) Sampang Abdurrahman. Kata dia, sebenarnya, kenaikan anggaran BOS itu, merupakan harapan besar dari pemerintah pusat dalam memajukan kualitas pendidikan di semua wilayah, utamanya di daerah yang berjuluk Kota Bahari ini.

Bacaan Lainnya

Dirinya menguraikan, naiknya pagu BOS tersebut, seyogyanya diimbangi dengan meningkatnya kualitas dan kuantitas sarana prasarana yang akhirnya meningkatkan terhadap proses belajar mengajar. Seta meningkatkan learning outcome atau capaian lulusan pembelajaran.

Di sisi lain, dapat meningkatnya partisipasi anak sekolah yang tidak lagi terbebani dengan urusan biaya sehingga berdampak pada penurunan angka putus sekolah, serta meningkatnya kesadaran masyarakat tentang pentingnya pendidikan tanpa lagi memikirkan biaya sekolah terhadap anak-anaknya.

“Jika beberapa hal ini tidak mengalami perubahan yang signifikan, berarti selama ini ada kesalahan dalam pengelolaan atau pendistribusian pembelanjaan dana BOS di wilayah Sampang ini, mestinya juga diimbangi peningkatan kualitas,” ujar Abdurrahman kepada Kabar Madura, Selasa, (16/3/2021).

Pria yang akrab disapa Zaman itu menekankan, pemerintah daerah melalui Dinas Pendidikan (Disdik) setempat harus segera melakukan evaluasi secara mendasar, karena faktanya adanya kenaikan BOS tersebut, belum menunjukkan bukti-bukti adanya perubahan peningkatan kualitas secara signifikan, semisal anak putus sekolah masih ada, indeks pembangunan manusia (IPM) juga masih tetap rendah.

“Hal ini, sangat perlu menjadi perhatian serius oleh dinas terkait termasuk kepala daerah supaya segera melakukan evaluasi mendasar dan melakukan monitoring secara serius, agar kenaikan BOS ini seimbang dengan peningkatan kualitas pendidikan,” desaknya.

Menanggapi hal itu, Pelaksana tugas (Plt) Kepala Disdik Sampang Nur Alam sesumbar akan terus berikhtiar untuk dapat memajukan pendidikan, mulai dari peningkatan sumber daya manusia (SDM) para tenaga pendidik, ketersedian sarana prasarana yang memadai dan terus membangun sinergitas dengan semua elemen masyarakat.

Kata dia, kualitas pendidikan di Kabupaten Sampang memang sangat perlu pembenahan. Untuk itu, Pihaknya berjanji akan terus melakukan evaluasi terhadap program, utamanya BOS. Tetapi masih butuh proses dan dukungan dari semua pihak.

“Memang setiap tahun BOS mengalami kenaikan, untuk jenjang SD tahun 2021 ini Rp1.030.000 ada kenaikan Rp130 ribu dari tahun sebelumnya Rp900 ribu, begitu pun dengan jenjang SMP mengalami kenaikan dari awalnya Rp1.100.000/siswa per tahun, kini menjadi Rp1.300.000,” ungkapnya.

Dirinya menegaskan, satuan biaya BOS itu ditetapkan melalui keputusan menteri yang bersifat majemuk dan dihitung berdasarkan indeks kemahalan konstruksi (IKK) dan indeks peserta didik (IPD). Untuk tahun ini acuan BOS itu mengacu kepada Kepmendikbud RI Nomor 16/P/2021 tentang satuan biaya dana BOS reguler masing-masing daerah. (sub/mam)

Grafis Pagu BOS Jenjang SD – SMP

  • Jenjang SD
  • Tahun 2019 Rp800.000 /Siswa/tahun
  • Tahun 2020 Rp900.000 /Siswa/tahun
  • Tahun 2021 Rp1.030.000 /Siswa/tahun

 

  • Jenjang SMP
  • Tahun 2019 Rp1.000.000 /Siswa/tahun
  • Tahun 2020 Rp1.100.000 /Siswa/tahun
  • Tahun 2021 Rp1.300.000 /Siswa/tahun

 

  • Di tahun 2021 jumlah siswa penerima BOS baik SD – SMP belum diketahui, karena masih menunggu dari pusat.
  • Jumlah Lembaga Penerima BOS, jenjang SD = 617 lembaga. Jenjang SMP = 283 lembaga yang tersebar di semua wilayah.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *