Kendaraan Dinas Pemkab Pamekasan Menunggak Pajak, KPK Ingatkan Pejabat Teras

  • Whatsapp
(FOTO: KM/ ALI WAFA) MENUNGGAK: Kendaraan dinas pejabat Pemkab Pamekasan banyak tidak bayar pajak.

KABARMADURA.ID, PAMEKASAN – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyoroti banyaknya kendaraan plat merah yang digunakan oleh sejumlah pejabat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan yang menunggak pajak. Hal itu disampaikan oleh Kepala Satuan Tugas Pencegahan Koordinasi Supervisi Direktorat III KPK Edi Suryanto.

Pihaknya mengaku telah mengantongi data kendaraan dinas yang menunggak pajak. Pihaknya menekankan agar para pejabat Pemkab Pamekasan yang memegang kendaraan dinas supaya segera dibayarkan. Sebab menurutnya, pajak yang dibayarkan akan kembali kepada daerah sebagai bagi hasil.

Bacaan Lainnya

“Tolong nanti dihitung ulang, bayar pak. Bapak bayar besok balik lagi kok sebagai bagi hasil. Tapi kan catatannya gak enak pak. Pamekasan menunggak mobil plat merah,” ucapnya kepada pejabat Pemkab Pamekasan yang menguasai kendaraan dinas.

Kasi Pendataan dan Penetapan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pengelolaan Pendapatan Daerah (PPD) Pamekasan Ridwan membenarkan pernyataan tim KPK. Menurutnya, kendaraan dinas yang menunggak pajak sebagian besar merupakan kendaraan roda dua yang dimiliki pegawai organisasi perangkat daerah (OPD) dan pejabat pemerintah desa.

Pihaknya mengaku telah berupaya menagih pajak kepada pihak-pihak yang bersangkutan. Bahkan, pihaknya sampai meminta tolong Sekretaris Daerah (Sekda) dan Badan Pengelola Keuangan dan Pendapatan Daerah (BPKPD) Pamekasan untuk menginstruksikan pembayaran pajak namun masih ada saja ada yang belum membayar pajak.

Dijelaskannya, pembayaran pajak kendaraan plat merah pada akhirnya akan dibagi dengan pemerintah daerah untuk kemudian menjadi pendapatan asli daerah (PAD). Pembagian tersebut yaitu 30 persen untuk pemerintah daerah dan 70 persen untuk pemerintah provinsi.

“Ya ada yang bayar tapi tidak keseluruhan,” ujarnya. (ali)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *