oleh

Keoptimalan Vaksinasi Terjamin, Dinkes Siapkan 173 Vaksinator

KABARMADURA.ID, BANGKALAN– Vaksinasi massal untuk pekerja publik mulai dilakukan sejak Senin, (1/3/2021) lalu. Dari 14.300 dosis vaksin sinovac yang disediakan oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Bangkalan, masih sekitar 2.000 dosis yang terpakai. Sedangkan, untuk memaksimalkan proses vaksin tersebut, pihak Dinkes menyediakan 173 vaksinator.

Kadinkes Bangkalan Sudiyo mengaku, sudah ada 15 organisasi perangkat daerah (OPD) yang divaksin. Untuk pegawai yang ada di masing-masing OPD, ditarget selesai pada minggu depan. “Sejak kemarin, sudah ada 1.587 orang yang kami vaksin, hari ini saya hitung sudah hampir 1000 lebih,” ujarnya, Rabu (3/3/2021).

Menurutnya, untuk pekerja pelayanan publik yang berstatus aparatur sipil negara (ASN), sudah menyediakan vaksin sekitar 7.150 dosis. Bahkan dipastikan, minggu depan akan ada tambahan vaksin yang datang untuk pekerja publik. Hanya saja, belum bisa dipastikan jumlah tambahan vaksin tersebut. Pihaknya meminta, agar masyarakat tidak khawatir mengenai ketersediaan vaksin.

“Untuk para jurnalis, akan divaksin Kamis (hari ini red). Mudah-mudahan, Maret ini bisa kami sapu bersih pemberian vaksin pada pekerja publik tahap II dosis I. Minggu depan, akan kami genjot untuk selesai,” tegasnya.

Sedangkan, vaksinator yang disediakannya sebanyak 173 tenaga kesehatan (nakes) yang sudah terlatih. Dia menjelaskan, total itu belum mencakup tenaga petugas administrasi, petugas pendaftaran dan petugas entry data. “Saya kira, tidak ada penambahan petugas lagi. Kami akan menyediakan sesuai kebutuhan saja,” tuturnya.

Dari total itu, dia memastikan proses vaksinasi bisa ditangani secara menyeluruh. Bahkan, menjamin petugas yang ada di lapangan lebih dari cukup untuk menjangkau vaksinasi ke semua masyarakat di Bangkalan.  “Kalau masyarakat ada 1 juta sekian, dalam satu tahun sudah bisa kami sapu bersih vaksin. Kami sudah siapkan langkah-langkah strategis agar sesuai target,” tukasnya. (ina/ito)

Sumber Data Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bangkalan

  • Terdapat 14.300 Dosis Vaksin Sinovac untuk Vaksinasi Massal Pekerja Publik
  • Hanya 2.000 Dosis Vaksin Yang Masih Terpakai
  • Terdapat 173 Vaksinator Yang Sudah Disiapkan Terjun ke Lapangan
  • 15 OPD Dengan Jumlah 2.587 Orang Sudah Divaksin
  • 150 Vaksin Disediakan untuk Pekerja Publik Berstatus ASN

Komentar

News Feed