Kepala Disperindag: Hanya 3 Pabrikan yang Pastikan Pembelian Tembakau

  • Whatsapp
(FOTO: KM/KHOYRUL UMAM SYARIF) BELUM SEMUANYA: Pembelian tembakau hanya dilakukan di 2 gudang untuk musim panen tahun ini.

KABARMADURA.ID, PAMEKASAN -Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan mencatat, dari 8 pabrikan besar yang menyatakan siap melakukan pembelian tembakau, hanya 3 pabrikan yang memastikan melakukan pembelian. Padahal sebelumnya sudah ditindaklanjuti dengan mengirimkan surat kepada pabrikan.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Pamekasan Achmad Sjaifuddin menuturkan, ada 3 pabrikan yang sudah memastikan melakukan pembelian tembakau, 2 pabrikan melakukan pembelian sejak tanggal 12 Agustus lalu, sedangkan untuk 1 pabrikan sudah menentukan pembeliannya akan dilakukan pada tanggal 24 Agustus mendatang. Selanjutnya, ia juga menyampaikan, pembukaan pembelian gudang akan dilaksanakan pada akhir Agustrus.

Bacaan Lainnya

“Bagaimanapun, Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) sangat mempengaruhi semua aktivitas. Pada prinsipnya kami sudah mengirimkan surat yang intinya kapan buka gudang, karena 1 minggu sebelum pembelian gudang harus memberi laporan kepada Bupati Pamekasan Baddrut Tamam melalui Disperindag,” paparnya, Minggu (15/8/2021).

Secara terperinci, ia memaparkan, gudang yang sudah melakukan pembelian, yaitu PT Gudang Garam, PT Nojorono, dan yang akan melakukan pembelian PT Aliance One Indonesia, sisanya masih menunggu dari kantor pusatnya masing-masing untuk ketentuan pembukaan pembeliannya.

“Kalau tahun kemarin memang akhir Agustus baru dilakukan pembelian, memang pada musim tembakau tahun ini, agak mundur-mundur, karena hujan itu,” ulasnya.

Dijelaskannya, untuk pembelian per orang, yang sudah melaporkan hanya 1 orang yaitu Sumarno, yang lainnya masih belum memberikan keterangan secara resmi kepada pihaknya.

“Untuk Djarum kemarin telepon saya, rencana yang dari pabrik akan datang hari Senin tanggal 16, tapi belum tahu, apa survei langsung buka, kami masih belum tahu,” pungkasnya. (rul/maf)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *