Kepemilikan Akta Anak Belum Capai Standar

  • Whatsapp
BELUM CAPAI TARGET: Akta kelahiran anak untuk usia 0-18 tahun belum mencapai target secara nasional yang mencapai 85 persen.

KOTA-Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Sumenep menyampaikan, kepemilikan akta kelahiran untuk anak usia 0-18 tahun belum mencapai standar nasional. Menurut Kepala Seksi (Kasi) Akta Kelahiran dan Kematian Disdukcapil Kabupaten Sumenep Mukhlis Junaidi, standar nasional untuk kepemilikan akta kelahiran adalah 85 persen, sementara di Sumenep sendiri mentok di angka 73 persen.

 “Untuk standar akta anak kalau di sini itu belum sampai pada standar nasional. Di Sumenep paling sekitar 73 persen,” katanya, Kamis (31/7).

Mukhlis juga menyampaikan bahwa secara terperinci terhimpun dari seluruh kecamatan di ujung timur pulau Madura ini, data kependudukan usia 0-18 tahun berdasarkan jenis kelamin, laki-laki itu berjumlah 139.876 sedangkan perempuan 133.123, jadi total jumlanya ialah 273.002 orang.

Sementra mengacu kepada Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK), jumlah anak yang sudah memiliki akre kelahiran adalah 102.422 untuk laki-laki sedang perempuan 97.456, berjumlah 199.870 orang atau di angka 73,21 persen.

“Itu yang terhimpun dari seluruh kecamatan sudah mas,” imbuhnya.

Ia juga menjelaskan, Kabupaten Sumenep tidak mencapai target standar nasioanal untuk akta anak disebabkan karena pada tahun 2014 itu ada perubahan sistem.

“Awalnya akta itu kan tidak secara online. Jadi yang terhitung baru setelah itu, kalau dihitung dari dulu, sudah mencapai target,” pungkasnya. (km48/pai)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *