oleh

Kerjasama Pembuatan KIA Dispendukcapil dengan Disdik Sampang Sebatas Rencana

KABARMADURA.ID, Sampang -Rencana kerjasama Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) dan Dinas Pendidikan (Disdik) Sampang pembuatan kartu identitas anak (KIA) tak kunjung ada kejelasan. Hingga saat ini belum ada pembahasan khusus soal penerapan maupun teknis kerjasama tersebut.

Pelaksana harian (Plh) Dispendukcapil Sampang, Edi Subinto menuturkan, percetakan KIA tahun ini mengalami penurunan yang drastis. Sebab, jumlah KIA yang tercetak tidak sebanding dengan tahun sebelumnya.

Terbukti, percetakan KIA tahun 2020 kurang lebih hanya 3.550, adapun sebelumnya melebihi dari 10 ribu KIA yang sudah dicetak. Sehingga untuk memaksimalkan pembuatan KIA bekerjasama dengan Disdik Sampang. Dengan tujuan, dapat disosialisasikan atau dengan cara lain agar siswa yang ada di sekolah melakukan pembuatan KIA.

”Percetakan KIA saat ini memang minim, tetapi untuk memaksimalkan kami bekerjasama dengan Disdik sehingga bisa membantu untuk mempermudah pembuatan KIA,” ungkapnya, Kamis (1/10/2020).

Tetapi saat ini, untuk menjalankan program yang sudah bekerjasama dengan Disdik untuk mensosialisasikan masih terhambat dengan adanya wabah Covid-19. Namun, ketika kondisinya sudah kembali normal dan sekolah aktif pihaknya akan melakukan penjemputan ke sekolah.

“Saat ini masih terhambat Covid-19, jadi belum dijalankan, jika sudah normal akan segera kami jalankan,” imbuhnya.

Sementara itu, Pelaksana tugas (Plt) Kepala Disdik Sampang, Nor Alam mengakui jika ada rencana  kerjasama dalam pembuatan KIA. Namun, hingga saat ini kerjasama yang sudah ditandatangani itu belum dilaksanakan.

“Sampai saat ini teknisnya belum dibahas dengan Dispendukcapil. Apakah nanti dipasrahkan ke kepala sekolah atau dinas pendidikan sendiri. Yang jelas kerjasama itu diterapkan, namun masih menyesuaikan dengan waktu,” pungkasnya. (mal/mam)

Komentar

News Feed