Kesadaran Masyarakat Meningkat, Kadinkes Sumenep: Vaksinasi Sepekan Sasar 36.786 Orang

  • Whatsapp
GENCAR: Kadinkes Sumenep terus mengajak semua elemen masyarakat untuk mensosialisasikan pentingnya vaksinasi.

KABARMADURA.ID | Sumenep – Percepatan program vaksinasi terus berjalan mulus di Sumenep. Hal itu terlihat dari kesadaran masyarakat yang terus meningkat. Bahkan, itu membuat ketersediaan stok vaksin hampir kelabakan untuk kebutuhan warga Sumenep.

Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Sumenep Agus Mulyono menyebutkan, tercatat hampir tujuh ribu dosis vaksin setiap harinya yang digunakan. Diakuinya, banyaknya dosis vaksin yang mulai digunakan tidak terlepas dari animo masyarakat yang kian tinggi, termasuk di pedesaan.

Bacaan Lainnya

Walaupun tingkat permintaan vaksin tinggi, organisasi perangkat daerah (OPD) terkait tidak khawatir. Karena, kebutuhan vaksin tinggal dikoordinasikan dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur (Jatim) dan tidak butuh waktu lama langsung dikirim ke kabupaten paling ujung timur pulau Madura ini.

Agus menjabarkan, berdasarkan data Dinkes Sumenep, vaksinasi dari 20-27 September 2021 telah mencapai 36.786 jiwa. Data terendah dalam sepekan terakhir berjumlah 1.890 jiwa, 26 September 2021. Sedangkan data terbanyak, 23 September 2021 yang bisa mencapai 6.879 orang.

Saat dibanding data tanggal 14-19 September 2021, tertinggi hanya menyasar 1.522 orang dalam sehari. Angka tersebut berbanding jauh dengan sepekan ini.

Kian meningkatnya kesadaran masyarakat untuk mengikuti program vaksinasi demi pembentukan herd immunity, Kadinkes sumenep itu mengutarakan, berkat partisipasi aktif semua pihak. Dia menyebutkan seperti halnya pihak Tentara Negara Indonesia-Kepolisian Republik Indonesia (TNI-Polri), tokoh agama, pemuda, aktivis sosial, dan seluruh elemen masyarakat lainnya.

“Dukungan dari semua pihak dari tim gugus dari tim TNI Polri termasuk juga pimpinan pondok pesantren dan santri santrinya. Geliat ini mudah-mudahan menjadi pelajaran atau motivasi bagi yang lain untuk terus mengelorakan vaksinasi,” harapnya.

Selain itu, Agus juga terus memberikan penyadaran kepada masyarakat yang masih termakan hoaks untuk tidak takut mengikuti vaksinasi. Agar, percepetan vaksinasi bisa segera tercapai.

Dengan menggencarkan itu, dia juga menaruh harapan, capaain vaksinasi bisa segera menyentuh 70 persen. Saat ini, baru sekitar 24 persen.

Reporter: Taufiq Hidayat

Redaktur: Anam

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *