oleh

Kesiapan KBM Hadapi Ajaran Baru di Kabupaten Sampang Buram

Kabarmadura.id/Sampang-Ketua Panitia Khusus (Pelansus) Covid-19 Dewan Perwakilan Daerah (DPRD) Sampang, menilai persiapan pelaksanaan kegiatan belajar mengajar (KBM) di tidak ada kejelasan.

Ketua Pansus Covid-19 DPRD Sampang Moh. Iqbal Fathoni mengatakan, pihaknya sudah melakukan rapat koordinasi dengan instansi terkait, mulai dari dinas pendidikan (disdik), kementerian agama (kemenag), dan dinas kesehatan (dinkes) setempat,
untuk mengetahui kesiapan dalam menghadapi KBM di tahun ajaran baru.

Namun, dalam pertemuan tersebut, pihaknya menuturkan Disdik Sampang memiliki tiga opsi yang akan direalisasikan, salah satunya KBM secara virtual, mandiri, dan pembatasan jumlah peserta didik yang masuk kelas.

“Tiga opsi pola kegiatan belajar mengajar yang disampaikan menggambarkan Disdik belum memiliki kejelasan pola,” ungkapnya, Kamis (9/7/2020).

Tidak hanya di lingkungan Disdik Sampang, pola pendidikan di era kenormalan baru juga harus diperhatikan. Apalagi saat ini pondok pesantren sudah memulai aktivitas kembali, meskipun aktivitas sekolah belum aktif.

Dirinya meminta agar pengurus melakukan sterilisasi di lingkungan pesantren. Bahkan dalam waktu dekat, pihaknya bersama Pemkab Sampang dan Kemenag akan melakukan kegiatan rapidtest massal sebelum mengaktifkan KBM.

“Kami juga memerlukan solusi konkrit dari Pemkab Sampang untuk bagaimana sebaran wabah ini tidak merambah ke sektor pendidikan,” tegasnya.

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Disdik Sampang Nor Alam mengatakan, dengan adanya surat edaran (SE) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), KBM pada tahun ajaran baru akan dimulaj pada 14 Juli 2020 mendatang.

Namun demikian, pihaknya masih akan memberlakukan KBM dalam jaringan (daring), lantaran Kabupaten Sampang masih berstatus sebagai daerah zona merah sebaran Covid-19.

“Untuk zona merah dilarang mengadakan kegiatan tatap muka, jadi tetap belajar dari rumah. Hanya saja guru boleh melakukan kunjungan ke rumah siswa sesuai jadwal yang ditentukan sekolah,” singkatnya. (mal/pin)

Komentar

News Feed