oleh

Kesra Pamekasan Realisasi Hibah untuk Pesantren dan Masjid

KABARMADURA.ID, Pamekasan – Ratusan yayasan pondok pesantren dan masjid di Kabupaten Pamekasan, menerima bantuan dana hibah dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan yang diprogramkan oleh Bagian Kesejahteraan Masyarakat (Kesra) Sekretariat Kabupaten (Setkab) Pamekasan.

Kepala Bagian (Kabag) Kesra Setkab Pamekasan Halifaturrahman menuturkan, pihaknya telah menyerahkan bantuan dana hibah yang dikemas dalam program naskah perjanjian hibah daerah (NPHD) kepada 374 masjid dan yayasan dan pondok pesantren.

Besaran dana hibah yang digelontorkan untuk kemajuan masjid dan pondok pesantren itu sebesar Rp10 juta untuk masjid dan Rp20 juta untuk yayasan dan pondok pesantren. Dana hibah tersebut akan ditransfer oleh pihak perbankan kepada setiap penerima secara nontunai.

“Semoga bantuan ini bermanfaat untuk pengembangan masjid dan pondok pesantren kedepannya,” ucapnya saat ditemui usai penandatanganan NPHD secara simbolis di Mandhapa Ronggosukowati Pamekasan, Senin (12/10/2020).

Pria yang akrab disapa Mamang ini menyampaikan, penyaluran bantuan dana hibah merupakan kegiatan rutin yang dilakukan setiap tahun. Sebelumnya, pihaknya telah mencairkan bantuan yang sama kepada masjid serta yayasan dan pondok pesantren pada tahap sebelumnya.

Bantuan tersebut diharapkan Mamang dapat menjadi pendorong perkembangan yayasan dan pondok pesantren dan juga perkembangan masjid-masjid di Pamekasan. Sebab menurutnya, pondok pesantren dan masjid-masjid memiliki peran penting dalam pembangunan karakter dan moral anak bangsa.

“Kita harus berterima kasih kepada pondok pesantren dan masjid-masjid, sebab mereka lah yang sebenarnya pejuang tanpa tanda jasa,” ungkapnya.

Sementara itu, Pengasuh Pondok Pesantren Dakwatul Khairat Branta Tinggi Tlanakan KH. Hanafi Nawari mengaku terbantu dengan adanya bantuan dana hibah tersebut. Sebab menurutnya, bantuan tersebut dapat digunakan untuk pengembangan sarana dan prasarana pondok pesantren.

“Kami rasakan akan sangat besar manfaat dan faedahnya bagi kami jajaran santri dalam memenuhi sarana prasarana pondok pesantren,” ungkapnya. (ali/pin/*)

Komentar

News Feed