Keterbatasan Dana Bukan Penghalang, Mahasiswa UTM Raih Prestasi Gemilang


Keterbatasan Dana Bukan Penghalang, Mahasiswa UTM Raih Prestasi Gemilang

KABARMADURA.ID | BANGKALAN- Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Universitas Trunojoyo Madura (UTM) Agung Ali Fahmi mengatakan bahwa kualitas mahasiswa UTM dari tahun ke tahun mengalami peningkatan. 

 Prestasi yang diraih oleh mahasiswa tidak hanya pada kancah nasional, tetapi juga international. Bahkan, sejak tahun lalu, Fahmi mendorong mahasiswa aktif dalam program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

“Selain prestasi dan kualitas mahasiswa meningkat, kami juga mulai fokus mendorong mahasiswa untuk ikut program MBKM,” jelasnya.

Sebanyak 1.075 mahasiswa mengikuti berbagai kegiatan di luar kampus dalam rangkaian program MBKM. Seperti halnya program magang di dunia industri, pertukaran mahasiswa yang menjadi program unggulan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek). 

“Program MBKM ini menjadi program bagus yang diluncurkan oleh Kementerian,” ucapnya.

Sehingga dengan adanya program tersebut, mahasiswa bisa dengan bebas memilih peluang praktik pembelajaran yang diinginkan. Dengan harapan akan menjadikan pengetahuan dan kualitas mahasiswa semakin baik. “Dengan program ini, mahasiswa bisa lebih bebas memilih, bagaimana dan di mana dia akan mengembangkan minat dan potensinya,” ucap dia.

Tidak hanya itu, meskipun pendanaan terbatas, Agung juga memastikan bahwa prestasi yang ditorehkan mahasiswanya mampu bersaing dengan berbagai kampus negeri lainnya. Seperti halnya lomba karya tulis ilmiah (LKTI), inovasi teknologi, penelitian, dan semacamnya. 

 “Prestasi ini tidak bisa terhalang oleh kurangnya pendanaan. Meski begitu, ke depannya, sarana dan prasarana juga harus ditingkatkan guna menunjang kebutuhan pengembangan mahasiswa,” tutupnya.

Reporter: Helmi Yahya

Redaktur: Muhammad Aufal Fresky