Ketersediaan Blanko KIA di Sampang Terbatas

  • Whatsapp
(FOTO: KAM/FATHOR RAHMAN) STOK TERBATAS: Sejumlah warga kecewa akibat harus menunggu lama untuk pembuatan kartu identitas anak (KIA) di Sampang.

KABARMADURA.ID, SAMPANG -Ketersediaan blanko untuk pembuatan kartu identitas anak (KIA) di Kabupaten Sampang cukup terbatas. Sebab, blanko merupakan sisa dari penggunaan tahun 2020 kemarin. Akibatnya, tahun ini ketersediaanya kian menipis. Kondisi tersebut terungkap, setelah ada keluhan dari masyarakat. Yakni, warga mulai kesulitan membuat KIA.

Siti Khadijah (32) warga Desa Tanggumong Sampang mengaku, untuk mendapatkan blanko kartu harus menunggu antri hingga dua jam. Setelah ditelusuri, ternyata petugas di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) menyatakan kekurangan stok blanko. “Rencananya mau membuat punya ponakan. Tapi ternyata, blangkonya menipis. Sehingga, masih belum bisa mendapatkan KIA,” ucapnya Selasa (29/6/2021).

Bacaan Lainnya

Sementara itu, Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dispendukcapil Sampang Edi Subianto mengakui, banyak pendaftar berdatangan. Sehingga, sebagian tidak bisa dilayani. “Pada tahun 2020, Dispendukcapil Sampang mendapatkan sebanyak 29 ribu blangko KIA. Makanya, ada sisa. Nah, sisa itu yang kami pakai sekarang,” responya.

Pihaknya mengklaim, sisa blanko KIA masih 9 ribuan. Sehingga, masih bisa melayani untuk kebutuhan KIA. Bahkan berjanji akan melayani masyarakat dengan optimal. “Kalau untuk kebutuhan beberapa bulan kedepan masih bisa. Namun, kami dipastikan  kalau sampai akhir tahun tidak akan aman,” klaimnya.

Menurutnya, sudah melakukan antisipasi ketersediaan blanko. Salah satunya, sudah melaporkan dan berkoordinasi dengan pemerintah daerah, provinsi dan pusat. Sehingga, segera dilakukan distribusi ke masyarakat. “Tahun ini dipastikan akan ada bantuan kartu KIA. Saya sudah berkoordinasi dengan pihak terkait,” jelasnya.  (man/ito)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *