oleh

Ketua DPRD Sampang Desak Pembentukan Timsus Bencana Alam

Kabarmadura.id/Sampang-Memasuki musim pancaroba, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sampang, meminta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) setempat untuk mempersiapkan tim khusus (timsus) bencana ala.

Terlebih, saat ini Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sampang, tengah disibukkan dengan upaya pencegahan, percepatan penanganan bencana non alam wabah Covid-19.

Hal itu disampaikan oleh Ketua DPRD Sampang Fadol. Kata dia, datangnya bencana alam itu memang tidak bisa diprediksi. Namun bencana itu merupakan sesuatu yang lumrah terjadi dalam kehidupan manusia. Untuk itu dirinya menilai, pemerintah perlu mempersiapkan diri dalam menghadapi bencana tersebut.

“Dalam mengantisipasi bencana alam saat musim pancaroba ini, harus ada tim teknis tersendiri yang dipersiapkan oleh BPBD Sampang,” ujar Fadol kepada Kabar Madura, Selasa (2/6/2020).

Lanjut dia, bencana alam itu penangananya reaksional, yakni jika ada kejadian harus ditangani secara cepat dan tepat. Oleh karena itu, menurutnya sangat diperlukan adanya tim teknis khusus bencana alam tersebut.

“Di sisi lain tim itu dapat memberikan penyadaran kepada masyarakat dalam mengantisipasi datangnya bencana,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Pelaksana BPBD Sampang Anang Junaidi, mengimbau masyarakat di daerah Kota Bahari untuk mewaspadai datangnya bencana angin puting beliung saat memasuki peralihan musim penghujan menuju musim kemarau.

Sambung dia, dalam mengantisipasi dan mewaspadai bencana alam itu, dirinya meminta masyarakat dapat melakukan sejumlah tindakan, yakni merapikan pohon besar yang rimbun dan tinggi serta rapuh, guna mengurangi beban pada pohon tersebut dan lain sebagainya.

“Pancaroba ini harus diantisipasi, yang jelas kami sudah mempersiapkan tim bencana alam ini,” ungkap Anang Junaidi. (sub/pin)

 

Komentar

News Feed