Ketua Fraksi PKS DPRD Pamekasan: Penguatan Kedaulatan NKRI Dimulai dari Pesantren 

News, Politik113 views

KABARMADURA.ID | PAMEKASAN-Momentum Hari Santri Nasional (HSN) tahun ini harus dijadikan pelecut untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas para santri. Utamanya, terhadap urusan kontribusi demi keberlangsungan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Berdasar sejarah, santri cukup mampu dalam berdedikasi memperjuangkan kemerdekaan NKRI. Hal ini diungkapkan Ketua Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) DPRD Pamekasan Suryono, Minggu (22/10/2023). 

Menurutnya, dalam memperkuat pembangunan jangka panjang dan mendorong berdaulatnya NKRI harus dimulai dari pesantren. Sebab di pesantren berbagai keterampilan santri akan dilatih. Sehingga sudah tidak lagi berada di pesantren dan kembali ke masyarakat bisa istiqomah bergerak untuk kepentingan umat. Sehingga, pesantren harus mampu berinovasi dalam mendorong lahirnya santri yang berdaya saing. Baik dari sisi keagamaan maupun keilmuan lainnya. 

Baca Juga:  Ketua DPRD Pamekasan Pastikan Revisi Perda Pengusahaan Tembakau Gagal Terlaksana Tahun Ini

“Dari pesantren para santri memperoleh ilmu yang nantinya akan berguna bagi masyarakat, umat maupun bangsa dan negara,” ujarnya kepada Kabar Madura. 

Pihaknya memaparkan, komitmen untuk bisa melahirkan santri yang berkontribusi nyata di masa depan, tidak hanya datang dari pengelola pesantren. Akan tetapi harus juga diseriusi oleh orang tua yang juga memiliki peran yang sangat penting. Selain santri sendiri harus terus mengupdate berbagai keilmuannya dalam rangka berkontribusi nyata untuk kehidupan berbangsa dan bernegara. 

“Saya meyakini jika semua turut berkomitmen, nilai daya saing santri akan lebih kokoh,” paparnya. 

Baca Juga:  Khairul Umam: Kabar Madura Representasi Berita Semua Kalangan

Diharapkan, dalam mendukung penguatan santri untuk menjadi sosok pemimpin yang disegani masyarakat, perlu   adanya peran maupun kebijakan pemerintah setiap kabupaten dan kota. Utamanya mamoy mendorong dan memfasilitasi penambahan skill. “Seiring dengan komitmen itu, saya juga akan selalu istiqomah dalam mendukung lahirnya santri sebagai pemimpin yang amanah, jujur dan bertanggung jawab,” tegasnya. 

Pewarta: Khoyrul Umam Syarif 

Redaktur: Totok Iswanto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *