Ketua Kadin Pamekasan Gelorakan Tekad Kuat Inovasikan Produk UMKM

  • Whatsapp

KABARMADURA.ID | PAMEKASAN – Harisandi Savari resmi dilantik sebagai Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Pamekasan periode 2021-2026 beserta 75 pengurusnya, Jumat (17/9/2021). Pihaknya berkomitmen menciptakan iklim usaha yang lebih inovatif, produktif, dan kompetitif, utamanya produksi usaha pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM).

Acara yang sangat sakral tersebut dilaksanakan di Pendopo Agung Ronggosukowati Pamekasan. Ketua Kadin Jawa Timur Adik Dwi Putranto sebagai pelantik disaksikan langsung oleh Bupati Pamekasan Baddrut Tamam, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Pamekasan, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan beberapa pengusaha di Kota Gerbang Salam. 

Bacaan Lainnya

Haris–panggilan akrab Harisandi Savari, mengungkapkan sejarah bangkitnya perekonomian di tengah terhimpitnya iklim usaha Negara Indonesia pada tahun 1998. Yang bisa bertahan dan menggerakkan ekonomi saat itu adalah UMKM, sehingga konsentrasi saat ini memberdayakan pelaku UMKM dengan berbagai terobosan inovasi. Sebab, selama 2 tahun terakhir perekonomian masyarakat terguncang oleh Covid-19. 

“Kami terus akan bergerak untuk memberikan dorongan dan dukungan program iklim usaha UMKM kembali berdaya. Secara kelembagaan, kami akan terus berkolaborasi dengan semua pihak, khususnya pemerintah Kabupaten Pamekasan,” paparnya, saat diwawancarai khusus oleh Kabar Madura usai pelantikan. 

Owner dari Charis Jaya Group (CJG) Pamekasan itu menuturkan, dalam mengurai berbagai persoalan usaha, caranya bisa ditempuh dengan bergotong-royong, bahkan bisa terlibat langsung untuk munculnya pengusaha baru yang sesuai dengan kebutuhan pangsa pasar saat ini.

Pun bagi pengusaha yang sudah lama berusaha, tegas Haris, perlu adanya inovasi yang lebih produktif. Sebab di era yang serba digital saat ini, tambahnya, harus bisa membaca sekaligus menangkap kemungkinan-kemungkinan yang berdampak langsung terhadap eksistensi usaha.   

“Setelah ini, banyak tugas yang menjadi tanggung jawab kita semua. Sejatinya menjadi tanggung jawab pengurus Kadin yang sudah dilantik. Kadin berfungsi sebagai wadah wahana komunikasi, informasi, representasi, konsultasi, fasilitasi, advokasi, bagi pengusaha,” tuturnya saat memberikan sambutan. 

Alumnus dari Universitas Brawijaya Malang itu bertekad akan lebih banyak beraksi dari sekedar berbicara soal teori. Khususnya mendorong terciptanya iklim usaha dengan berbagai program yang sedang dirancangnya, sehingga para pengusaha di Kota Gerbang Salam dapat menciptakan peluang usaha baru, dan berhasil menyerap banyak tenaga kerja. Itu demi meningkatnya kesejahteraan masyarakat. 

“Intinya pengurus Kadin yang baru tidak banyak beretorika, tapi intinya bekerja. Apa saja inovasi dari mereka yang dicurahkan, langsung bekerja,” pungkasnya. 

Sementara itu, Bupati Pamekasan Baddrut Tamam, menyambut baik semangat Haris yang tergolong masih muda. Sebab, menurutnya, sudah pasti mempunyai semangat yang energik, etos kerja yang mampu melahirkan wirausaha baru, karenanya diminta untuk terlibat langsung untuk memulihkan ekonomi yang melesu akibat terdampak Covid-19.

“Ayo kita semua bergerak membangun semangat kewirausahaan dan mendorong atmosfer yang terus menjadikan Pamekasan berkemajuan sekaligus berdaya saing,” urainya. 

Reporter: Khoyrul Umam Syarif

Redaktur: Hairul Anam

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *