Ketua Partai Koalisi Tegaskan Belum Kunci Dua Nama Cawabup Pamekasan

  • Whatsapp
(FOTO: KM/ ALI WAFA) ALI WAFA SUBKI: Ketua Partai Koalisi Berbaur/Ketua DPC PKB Pamekasan

KABARMADURA.ID;PAMEKASAN-Dua nama calon wakil bupati (cawabup) Pamekasan saat ini sedang ramai diperbincangkan. Meski belum secara resmi dirilis oleh Partai Koalisi Berbaur, namun dua nama figur cawabup sudah berkeliaran di publik.

Salah satu nama yang sampai saat ini tidak dibantah yaitu mantan Kepala Badan Koordinasi Wilayah (Bakorwil) Provinsi Jawa Timur untuk Madura, Fattah Jasin.

Kepada Kabar Madura Fattah Jasin sendiri membenarkan bahwa dirinya masuk dalam busa cawabup menggantikan mendiang Raja’e. Namun, dia belum bisa memastikan apakah dirinya yang akan direkomendasi untuk melenggang menjadi cawabup. Sebab menurutnya, politik sangat dinamis. Dia pun mengaku tidak tahu satu nama lain yang direkom menjadi cawabup selain dirinya.

Ketua Partai Koalisi Berbaur Ali Wafa Subki menjelaskan, pihaknya akan mengajukan dua nama kepada bupati. Dua nama tersebut sudah disiapkan, namun belum dibungkus secara resmi. Dia pun membenarkan bahwa politik itu dinamis dan segala kemungkinan bisa saja terjadi.

Munculnya beberapa figur yang diorbitkan oleh partai koalisi menurutnya hal yang wajar. Partai Amanat Nasional (PAN) mendorong Heru Budi Prayitno selaku mantan ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Pamekasan dan Gerindra mendorong H. Taufiqurrahman selaku ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Pamekasan.

Menurutnya, selama tahapan pemilihan wabup belum dibuka oleh Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Pamekasan, maka publik berhak berspekulasi. Kendati begitu, menurutnya, semua partai yang tergabung dalam partai koalisi sama-sama memiliki visi memajukan Kabupaten Pamekasan.

“Karena dua nama itu belum dibungkus, jadi wajar jika teman-teman memiliki kesimpulan masing-masing,” jelasnya.

Perihal munculnya nama figur di luar partai koalisi, ketua DPC PKB itu menjelaskan, dari tujuh nama yang telah didalami oleh gabungan partai koalisi, tidak semuanya usulan dari internal partai koalisi.

Sebagian juga merupakan atas usulan dan pertimbangan sejumlah tokoh berpengaruh. Bahkan, bisa saja salah satu dari nama yang diusulkan merupakan usulan dari partai di tingkat provinsi maupun partai di tingkat pusat.

“Seperti PKB ini kan bukan hanya DPC. Bisa saja itu usulan dari DPW atau DPP,” ucapnya.

Termasuk masuknya nama Ketua DPD PAN Sampang H. Fandi dalam bursa cawabup Pamekasan juga berkemungkinan atas dasar alasan yang sama yaitu usulan dari partai PAN di tingkat provinsi atau di tingkat pusat. Kendati begitu, dia menegaskan, siapapun nanti yang direkom, seluruh partai koalisi pasti satu suara.

Sementara itu, Ketua Fraksi Partai Gerindra DPRD Pamekasan Rida’i menegaskan, dari pada Heru Budi Prayitno, masih lebih layak H. Taufiqurrahman untuk masuk ke dalam bursa cawabup. Preferensi itu menurutnya tidak hanya karena sesama kader partai, tetapi berdasar penilaian objektif. Dia menilai, H. Taufiqurrahman jauh lebih layak dibanding Heru.

“Menurut informasi terakhir yang saya dengar, dua nama yang mengerucut itu Fattah Jasin dan H. Fandi,” ungkap Rida’i.

Reporter: Ali Wafa

Redaktur: Wawan A. Husna

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *