oleh

Ketua Pokdarwis Bangkalan: Pariwasata Jalan Tepat Majukan Daerah

KABARMADURA.ID, BANGKALAN  – Upaya perjuangan forum Pokdarwis Bangkalan untuk.memunculkan lima potensi wisata daerah bertujuan untuk sejahterakan masyarakat Bangkalan.

HELMI YAHYA, Bangkalan 

Semangat para pelaku dan pemerhati wisata di Bangkalan terus bergeliat. Munculnya potensi wisata di desa-desa terpencil mulai menampilkan diri sebagai bentuk eksistensi dan kontribusi daerah agar bisa membuat kota dengan jargon dzikir dan solawat  itu mampu bersaing memajukan wisata dan kesejahteraan masyarakatnya.

Upaya semangat mendorong pelaku usaha tentu tidak hanya dimulai dari keinginan dan inisiatif secara mandiri. Tetapi kontribusi kelompok sadar wisata (Pokdarwis) Bangkalan juga menjadi pelopor dalam membangkitkan potensi terpendam yang dimiliki masing-masjng desa.

Pokdarwis Bangkalan yang sudah ada sejak 2017 lalu tentu harus memiliki berbagai macam program inisiatif sebagai bentuk promosi wisata di Bangkalan kepada warga atau pun pengunjung mancanegara. Tetapi keterbatasan sumber daya manusia (SDM) kala itu menjadi salah satu yang menghambat perkembangannya.

Proses penyadaran dan sosialisasi masyarakat masih tergolong dini. Masyarakat bukan tidak mau mengembangkan potensi wisata di daerahnya. Tetapi lantaran memang belum tahu, sebab kurangnya pengetahuan dan pendidikan. ”Dulu saya masih sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bangkalan, yang salah satu fokusnya memang pariwisata,” jelas M Kholifi selaku ketua forum Pokdarwis Bangkalan.

Setelah kurang lebih setahun lalu, pejabat internal Dinas Kebudayaan dan Pariwisata sudah berpindah kursi kepemimpinan. Kemudian langkah progres harus kembali dibicarakan dan ditata kembali. Pada saat awal 2020 lalu kepengurusan Pokdarwis lama juga berpindah kepemimpinan. ”Pokdarwis yang memang merupakan binaan Disbudpar kemudian berganti kepemimpinan dan semangat yang baru,” tuturnya.

Saat Kholifi dipercayai ketua Pokdarwis Bangkalan, dirinya bersama pejabat internal pemerintah kabupaten sudah merancang rencana besar untuk membangkitkan seluruh potensi wisata yang ada di Kota Salak tersebut. Baik wisata alam, religi, kuliner, buatan, atau pun wisata budaya. Bangkalan memiliki semua potensi tersebut. ”Bangkalan ini memiliki banyak varian wisata dan semuanya sangat layak diangkat,” paparnya.

Selain itu, Pokdarwis juga menjalin kerja sama langsung dengan kepala desa. Agar setiap desa dapat memunculkan satu produk, atau wisata  bisa dengan optimal menggunakan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Sehingga dapat memberikan timbal balik yang besar untuk perekonomian masyarakat dan perkembangan desa. ”Kami juga sudah minta, agar kepala desa siap menyisihkan dananya untuk membangun master plan  sebagai langkah awalnya,” jelasnya.

Kholifi menargetkan, ke depan setiap desa akan bersaing dalam meningkatkan kesejahteraan desanya melalui wisata. Sebab, menurut lelaki usia 38 tahun itu, selama dirinya melakukan perjalanan ke berbagai negara, Kholifi memastikan, bahwa daerah yang perekonomiannya maju dan stabil adalah daerah yang mampu memaksimalkan potensi daerahnya menjadi potensi yang bersifat industrial. ”Saya kira pariwisata adalah jalan yang tepat jika ingin memajukan dan meningkatkan daya saing daerah nya,” pungkasnya. (km59/km58)

Komentar

News Feed