oleh

KH Bahij Berpulang, PC Ansor: Beliau Waliullah

Kabarmadura.id/Sumenep-Masyarakat Sumenep berduka. Sosok panutan dan kiai kharismatik pengasuh Pondok Pesantren Karay Ganding Sumenep KH Bahij bin K Ahmad bin K Ahamd Dahlan berpulang ke Rahmatullah, Rabu (8/7/2020). Beliau dikenal sebagai sosok ulama kharismatik rujukan berbagai persoalan yang dihadapi masyarakat. Tak ayal, proses pemakamannya dihadiri ribuan orang santri dan masyarakat Sumenep.

Wafatnya Kiai Bahij juga menimbulkan duka yang mendalam bagi Ketua DPRD Sumenep Abd Hamid Ali Munir. Menurutnya, Kiai Bahij memang bukan sosok yang sering tampil di publik untuk berdakwah dari panggung ke panggung, tetapi nama beliau sangat familiar di Madura. Dalam keseharian, puluhan bahkan ratusan tamu yang berkunjung ke kediamannya, untuk berkonsultasi tentang berbagai persoalan yang dialami masyarakat. Atas berbagai persoalan tersebut, Kiai Bahij dikenal bisa memberikan arahan dan petunjuk dalam menjalani kehidupan yang benar.

“Turut berbelasungkawa atas wafatnya beliau, tentunya kami sangat kehilangan. Kiprah beliau luar biasa untuk masyarakat. Selama ini tidak sedikit yang minta arahan, solusi dari permasalahan, dan yang lainnya bisa beliau atasi dan tamu bisa menjadi tenang,” katanya, Rabu (8/7/2020).

Politisi PKB itu juga menyampaikan, metode dakwah ke setiap person dengan disertai perbandingan itu memberikan energi positif terhadap mental setiap tamu. Sehingga peran sosok yang bertempat tinggal di Kecamatan Ganding itu tidak diragukan lagi kapasitasnya.

Masih menurut Hamid, Kiai Bahij juga terkenal sebagai sosok yang mukasyafah, sehingga dengan kemampuan itu, menjadikannya sebagai pengaduan oleh berbagai kalangan baik pejabat maupun orang biasa.

“Saya pernah nyabis, dan tentunya saya merasakan sendiri bagaimana mengikuti arahan-arahan beliau. Makanya tentunya kami sangat kehilangan beliau sebagai panutan tempat pengaduan,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua PC Ansor Sumenep M Muhri juga menyampaikan, sosok yang berkharisma itu bisa menjadi salah satu yang sangat disegani oleh birokrasi, politisi, pengusaha, dan yang lainnya. Lagi-lagi dia sepakat bahwa beliau diberikan kemampuan yang luar biasa oleh sang pencipta. Sehingga dengan kemampuan itu dapat melahirkan sikap bijaksana dalam memberikan pemecahan persoalan yang dihadapi masyarakat.

“Beliau adalah salah satu tokoh kharismatik dan sangat familiar namanya terutama di kalangan masyarakat menengah ke bawah di Sumenep. Almarhum juga menurut saya salah satu kiai khos di Sumenep, termasuk min auliya’illah. Ketika saya sering nyabis ke beliau saya merasa tenang, dan saya merasakana segala problem yang saya hadapi bisa dengan mudah mengatasinya,” paparnya. (ara/pai)

Komentar

News Feed