oleh

Khawatir Bermasalah, Panlih Batal Buka Pendaftaran Wabup Pamekasan

KABARMADURA.ID, PAMEKASAN-Panitia Pemilihan (Panlih) Wakil Bupati (Wabup) Pamekasan tidak akan membuka pendaftaran pada April 2021 ini. Hal itu meleset dari rencana sebelumnya yang direncanakan akan dibuka pada April.

Kendati begitu, tata tertib pemilihan sudah siap dan mendapatkan legalitas dari Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. Namun sampai detik ini, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) belum menerbitkan surat pemberhentian secara resmi untuk wakil bupati yang lama, almarhum Raja’e.

Surat dari Kemendagri itu menjadi alasan panlih belum membuka pendaftaran. Sembari menunggu keluarnya surat tersebut, panlih akan berkonsultasi ke Kemendagri. Selain itu, akan studi banding ke Bekasi,  untuk memastikan berbagai proses yang akan dilalui sesuai peraturan.

“Kami yakin kami tidak bisa membuka pendaftaran di bulan ini, sebelumnya kami beranggapan, memakai tatib yang dibuat oleh DPRD saja sudah legal, karena sudah direvisi dan disetujui gubernur,”papar kata Ketua Panlih Wabup, Fathor Rohman, Selasa  (6/4/2021).

Surat dari Kemendagri itu, merujuk pada hasil rapat paripurna DPRD Pamekasan tentang pemberhentian Wakil Bupati Pamekasan Rajae karena meninggal dunia. Rapat paripurna itu telah digelar pada 15 Februari 2021 lalu.

Sebelumnya, sempat direncanakan bahwa pendaftaran akan dibuka pada 14 April 2021, bahkan akan dibuka selama tiga hari berturut-turut.

Keputusan penundaan tersebut selain juga telah dikonsultasikan kepada Biro Hukum Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim). Petimbangan sama, disarankan harus menunggu surat pemberhentian secara resmi dari Kemendagri.

“Penerapan produk hukum yang kami buat harus selektif, karena rasa aman itu harus dikedepankan, kami takutnya seperti yang terjadi di Bekasi, sampai detik ini tidak dilantik,”urainya.

Rasa aman yang dimaksud Fathor Rahman, tidak menimbulkan gugatan dari pihak lain.

“Makanya yang kami inginkan adalah rasa aman dan nyaman, tanpa gugatan sampai berakhirnya proses dari pergantian wabup,” pungkasnya. (rul/waw)

 

Komentar

News Feed