Kinerja DPMD Sampang Lemah, Hambat Pembangunan di Tingkat Desa

  • Whatsapp
(FOTO: KM/FATHOR RAHMAN) Aulia Rahman; Anggota Komisi I DPRD Sampang

KABARMADURA.ID | SAMPANG – Banyaknya kendala yang dihadapi pemerintahan desa, diduga kuat hal itu akibat lemahnya kinerja Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Sampang. Faktanya, masih banyak desa kesulitan melakukan pencairan dana desa (DD) tahap II. Termasuk proses pengajuan permohonan pencairan. Semestinya, DPMD melakukan pendampingan dan pembinaan.

Bahkan DPMD terkesan tidak memberikan pembinaan terhadap desa. Sehingga sangat wajar, apabila pemerintah desa mengalami kendala tanpa solusi. “Kami menilai DPMD masih lemah dalam melakukan pembinaan. Akibatnya banyak desa yang terkesan tidak ada pendampingan,” ujat anggota Komisi I DPRD Sampang Aulia Rahman, Kamis (14/10/2021).

Menurutnya, banyaknya desa yang tidak mencairkan DD sangat tidak wajar. Sehingga dipastikan ada kendala. Misrinya,  DPMD tidak mampu mengatasi masalah tersebut. Sehingga pencairan DD mengalami keterlambatan. Dengan adanya keterlambatan pencairan, bisa dipastikan pembangunan di tingkat desa lemban.

“Jika ada kendala dalam proses administrasi mestinya DPMD memberikan petunjuk. Jika terkendala dengan aturan, maka harus dicari solusinya. Dengan adanya pembiaran, maka DPMD menghambat pembangunan desa. Sehingga kami berharap segera ada solusi,” tuturnya.

Sementara itu Kepala Bidang (Kabid) Bina Pemdes DPMD Sampang Irham Nurdayanto menolak memberikan keterangan dengan dalih masih sibuk. “Nanti saya jelaskan. Sekarang masih menghadap bupati,” responnya usai dikonfirmasi melalui saluran teleponnya.

Reporter : Fathor Rahman

Redaktur: Totok Iswanto

 

 

 

 

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *