Kirimkan 10 Atlet di Tiga Cabor, Pamekasan Optimis Bawa Pulang Juara Porprov Tradisional

  • Whatsapp

KABARMADURA.ID | PACITAN-Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) Kabupaten Pamekasan, mengirimkan 10 orang atlet pada pekan olahraga tradisional tingkat Jawa Timur 2021 di Kabupaten Pacitan.

Pada pekan olahraga yang dimulai pada Kamis (21/10/2021) dan akan berakhir pada Jumat (22/10/2021) itu, Pamekasan turut serta memeriahkan pekan olahraga tahunan itu dengan berkompetisi merebut kejuaraan pada empat cabang olahraga (cabor), yakni hadang, dagongan dan sumpitan.

Bacaan Lainnya

Rinciannya, Kormi Pamekasan mengirimkan, tujuh orang atlet putri diterjunkan di cabor hadang. Lima orang atlet diturunkan pada cabor dagongan dan tiga orang atlet putra pada cabor sumpitan.

Sebelum memasuki arena pertandingan di gedung olahraga (GOR) Pacitan, seluruh atlet dan tim official menjalani swab terlebih dahulu untuk memastikan kontingen asal Pamekasan bersih dari Covid-19.

“Memang tidak semua kabupaten dan kota di Jawa Timur ikut, karena tidak semua daerah di Jawa Timur siap,” ucap Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Jawa Timur saat membuka kegiatan yang diikuti 22 kabupaten dan kota di Jawa Timur itu.

Pelatih Atlet Olahraga Tradisional Kabupaten Pamekasan Sama’on menjelaskan, pada pertandingan pertama yaitu di cabor hadang, Pamekasan akan melawan Kota Malang. Menurutnya, seluruh atlet yang diberangkatkan ke Pacitan telah melakukan persiapan yang cukup matang. Pihaknya optimis, dengan dukungan seluruh masyarakat, Pamekasan dapat membawa pulang medali.

Dijelaskan Sama’on, olahraga ini merupakan olahraga tradisional masyarakat Indonesia. Tujuannya, agar trafiidan kearifan lokal tidak hilang digilis oleh perkembangan zaman. Pamekasan disebut memiliki banyak potensi di bidang olahraga tradisional. Sebab Pamekasan sangat kental dengan budaya dan tradisi.

“Kita sudah beberapa kali mengikuti Porprov, ini yang ke sekian kalinya. Semoga kali ini juara,” pungkasnya.

Adapun atlet yang diboyong Kormi Pamekasan, yakni tujuh atlet hadang yaitu; Risqina Widhya Afifah (20) asal Desa Teja Timur, Kurniatul Fajariyah (19) asal Desa Sumedangan, Rani Tri Enggraini (21) asal Jl. Balai Kambang, Tria Wulandari Agustina (20) asal Desa Panglegur, Wanda Agustina (19) asal Desa Lemper, Sofil Wildad (19) asal Jalan Sinhaji dan Alfaina Maulinda (20) asal Desa Panempan.

Sementara atlet pada cabor dagongan yaitu; Alfaina Maulinda, Kurniatul Fajariyah, Risqina widhya afifah, Rani Tri Enggraini dan Tria Wulandari Agustina. Rata-rata atlet putri mengikuti dua cabor sekaligus. Pada pertandingan pertama mereka akan melawan Kabupaten Jember. Dengan stamina yang bagus, Sama’on yakin menang.

Sementara pada cabor sumpitan semua atlet terdiri dari tiga orang atlet pria; Moh. Sofyan Agus Suwarno (21) asal Jalan Bazar, Imam Warisur Rosyid (19) asal Desa Kertagenah Tengah dan Wahab (21) asal Palengaan Laok. Pada cabor ini akan dipertandingkan langsung dengan seluruh peserta dari 22 kabupaten dan kota.

Reporter: Ali Wafa

Redaktur: Miftahul Arifin

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *