Klaim Aman, Disnaker Sumenep Tidak Keluarkan Instruksi

  • Whatsapp
KM/Razin

Kabarmadura.id/Sumenep-Mewabahnya virus Corona atau Covid-19, tidak membuat Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Sumenep membatasi tenaga kerja untuk tetap beraktivitas di luar rumah, termasuk pengawasan terhadap ancaman keselamatannya.

Sikap itu berbanding terbalik dengan instruksi pemerintah pusat agar pekerja memaksimalkan aktivitas di dalam rumah sebagai upaya menekan penularan Covid-19.

Kepala bidang (Kabid) Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial Disnakertrans Sumenep Ach Kamarul Alam menyampaikan, untuk sementara aktivitas tenaga kerja lokal Sumenep masih tetap bekerja di luar rumah, pihaknya beralan belum ada surat edaran (SE) yang direkomendasikan untuk disebarkan.

“Belum ada, apalagi di Sumenep kan sekarang tetap aman katanya, sementara untuk imbauan yang pusat itu kan diperuntukkan bagi tenaga kerja yang datang dari luar, itu yang dilakukan pengawasan,” katanya, Senin (23/3/2020).

Alam menambahkan, sejauh ini langkah yang dilakukan hanya memberikan imbauan kepada perusahaan agar tidak melakukan kegiatan-kegiatan atau perkumpulan yang melibatkan banyak orang. Dia mengklaim telah mengirim surat pemberitahuan ke sejumlah perusahaan agar tetap waspada.

“Kalau untuk perusahaan kami sudah berikan surat edaran agar tidak boleh melakukan rapat-rapat yang melibatkan banyak karyawan, harus memakai masker, dan memelihara kebersihan,” imbuhnya.

Sementara itu, Sulfah salah seorang karyawan di salah satu perusahaan di Sumenep mengaku tidak mendengar imbauan terkait ancaman Covid -19.

“Saya tetap berkumpul dengan teman-teman kerja, sekitar tiga ratusan orang, kalau di rumah terus siapa yang akan tanggung jajan anak,” paparnya. (ara/waw)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *