oleh

Klaim Biaya Pasien Covid-19 di Pamekasan Baru Disetujuui 50 Persen

Kabarmadura.id/Pamekasan–Pengajuan klaim biaya pelayanan medis bagi pasien terinfeksi Covid-19 di Rumah Sakit Umum Daerah dr. H. Slamet Martodirdjo (RSUD SMart) Pamekasan, hingga saat ini masih belum dicairkan 100 persen.

Hal itu diungkapkan oleh Direktur RSUD SMart Pamekasan dr. Farid Anwar, Rabu (22/7/2020). Dia mengatakan, sejauh ini pihaknya telah tiga kali mengajukan klaim biaya pelayanan pasien terinfeksi Covid-19 kepada Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS). Namun hingga saat ini belum sepenuhnya dicairkan, menurutnya masih dalam tahap verifikasi oleh BPJS.

“Dua kali kami mengajukan dan sekarang kami ajukan yang ketiga. Tapi berkas yang diverifikasi oleh BPJS disetujui kurang lebih 50 persen dari yang kami usulkan,” ulasnya. 

Menurut Farid, dari seluruh berkas yang diajukan kepada BPJS, 50 persen diantaranya telah disetujui oleh BPJS. Namun pihaknya belum bisa memastikan nominal secara pasti berapa yang telah dicairkan sejauh ini.

“Klaim Covid-19 sudah diverifikasi oleh BPJS dan sebagian klaim sudah dibayar,” tandasnya.

Dikonfirmasi terpisah, Kepala Bidang SDM, Umum dan Komunikasi Publik Kantor Cabang BPJS Pamekasan Eko D Kesdu menyebutkan, pihaknya hanya bertugas memverifikasi berkas yang diajukan oleh rumah sakit. Kemudian dilanjutkan ke Kementerian Kesehatan RI.

Pria yang akrab disapa Kesdu itu menyebutkan, dalam proses verifikasi berkas tersebut memakan waktu yang relatif lama, hal itu bergantung bagaimana kelengkapan dan keakuratan berkas yang diajukan.

Menurutnya, tidak menutup kemungkinan dari semua berkas klaim yang diajukan ditolak lantaran kelengkapan berkas yang kurang atau karena terdapat kesalahan dalam berkas yang diajukan.

Selain itu, pemerintah juga memiliki standar yang berbeda, bahkan meski lolos verifikasi di BPJS tidak menutup kemungkinan saat diajukan ke pemerintah ditolak karena satu dan lain hal.

“Kami hanya ditugasi memverifikasi nanti mungkin bisa jadi diverifikasi ulang oleh Kemenkes,” pungkasnya. (ali/pin)

 

Komentar

News Feed