Klaim Data BPJS di Sampang Rawan Dimanipulasi

  • Whatsapp
(FOTO: KM/FATHOR RAHMAN) RENTAN: Data klaim Badan Penyelenggara Jaminan Kesehatan (BPJS) di lembaga pelayanan kesehatan Sampang perlu diverifikasi ketat.

KABARMADURA.ID | SAMPANG – Data klaim layanan Badan Penyelenggara Jaminan Kesehatan (BPJS) di Sampang perlu pemantauan khusus. Sebab diduga kuat, ada praktik manipulasi data yang dilakukan oleh sejumlah tenaga kesehatan (nakes) di lingkungan Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana (Dinkes dan KB) Sampang.

Ketua Dewan Masyarakat Sampang (Dems) Aziz Haruna mengatakan, manipulasi data BPJS terjadi pada pemalsuan data mulai tingkat bawah. Atau pada jasa pelayanan bidan. Kemudian data klaim diajukan untuk mencairkan dana BPJS. “Permainan ini mulai dari tingkat bidan. Diduga beberapa bidan memalsukan data klaim BPJS. Data warga dimanipulasi sebagai pasien dengan menggunakan pelayanan BPJS,” ungkapnya, Senin (18/10/2021).

Pihaknya mengaku, ada sebagian bidan yang tidak sepakat dengan cara tersebut. Namun pemalsuan data dilakukan secara massif. Sedangkan mayoritas bidan melakukannya dengan cara terpaksa. Bahkan, praktik manipulasi sudah berlangsung sejak lama. Namun tidak ada temuan dari BPJS. Semestinya ada verifikasi ketat. Sehingga tidak mudah klaim dana BPJS bisa dilakukan.

“Masalah seperti ini harus diselidiki. Karena merugikan negara. Berapa data yang dipalsukan untuk mengambil dana BPJS,” sarannya.

Dia memaparkan, banyak kecurigaan adanya manipulasi data BPJS. Sebab bisa saja ada unsur kongkalikong atau kerjasama antara sejumlah pihak terkait. Sehingga praktik manipulasi berjalan mulus dan dilakukan bertahun-tahun. “Siapa saja yang sudah melakukan pelanggaran pemalsuan data, harus bertanggung jawab. Sehingga ada efek jera kepada oknum nakal dalam pelayanan kesehatan masyarakat,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Dinkes dan KB Sampang Abdullah Najih belum bisa dimintai keterangan. Berusaha dikonfirmasi melalui nomor ponselnya tidak tersambung. Bahkan konfirmasi via pesan singkat enggan direspon.

Reporter : Fathor Rahman

Redaktur: Totok Iswanto

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *