Klaim Realisasi Pembangunan Jalan di Sampang Mencapai 90 Persen

  • Whatsapp
(FOTO: KM/FATHOR RAHMAN) OPTIMALKAN PENGAWASAN: Salah satu proyek yang retak sebelum pekerjaan selesai di Desa Gunung Maddah Sampang.

KABARMADURA.ID | SAMPANG- Pembangunan infrastruktur jalan masih dalam proses pengerjaan. Hanya saja, realisasi pekerjaan yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) diklaim sudah mencapai 90 persen. Bahkan optimis Desember sudah tuntas. Hal ini diungkapkan Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Sampang Moh. Zis, Rabu (24/11/2021).

Menurutnya, 90 persen realisasi pekerjaan jalan tidak termasuk pembangunan Jalan Lingkar Selatan (JLS). Sebab dana JLS tidak masuk pada penganggaran pembangunan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) maupun DAK. “Kami prediksi semua selesai Desember. Baik yang DAK maupun yang APBD. Tapi saat ini masih dalam proses sebagian saja,” ujarnya.

Namun secara umum, realisasi pembangunan jalan seimbang dengan penyerapan anggaran. Khususnya pada pembangunan yang bersumber dari DAK. Hingga saat ini,  penyerapan anggaran sudah mencapai 90 persen lebih. “Insyaallah seminggu lagi sudah ada perubahan hasil realisasi dari pekerjaan tersebut,” optimisnya.

Disinggung berapa anggaran DAK yang sudah terealisasi? Pihaknya mengaku, tidak hafal total keseluruhan anggarannya. Hanya saja, dipastikan hampir semua proyek jalan tuntas. Bahkan semua pekerjaan dengan anggaran besar rata-rata sudah selesai. Sisanya hanya anggaran dibawah Rp1 miliar. Sehingga dari kondisi itu dipastikan pembangunan jalan akan tuntas.

Sementara itu, Ketua Komisi III DPRD Sampang Moh. Subhan berharap, tidak hanya capaian realisasi yang tuntas. Namun pengawasan terhadap kualitas juga penting dilakukan. Sebab masih banyak pekerjaan yang perlu dievaluasi mengenai kualitasnya. “Kami berharap dinas terkait tidak pasrah pada konsultan pengawas. Namun juga memaksimalkan pengawasan internal. Terutama soal kualitas proyek jalan,” sarannya.

Reporter : Fathor Rahman

Redaktur: Totok Iswanto

 

 

 

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *