oleh

Klub Lokal di Kabupaten Sampang Gelar Kompetisi Mini

Kabarmadura.id/Sampang-Fakumnya kompetisi sepakbola lokal di Kabupaten Sampang, mendapat respon dari sejumlah klub. Bahkan, delapan klub lokal yang ada di Kota Bahari, berencana menggelar kompetisi lokal secara mandiri.

Hal itu diungkapkan oleh Pelatih Klub Sepak Bola Garuda Hitam (GH) Sampang Haris Riyanto. Pelatih yang sudah berprofesi sebagai pelatih sejak tahun 2005 itu menilai, sepakbola di Kabupaten Sampang 2020 fakum. Semenjak adanya wabah Covid-19, kegiatan atau kompetisi sepakbola tingkat lokal nyaris tidak ada. Sehingga, dirinya bersama delapan pelatih dari delapan klub sepakbola di Sampang akan menggelar kompetisi mini yang basisnya pemain lokal.

Gelaran kopetisi mini tersebut sudah disepakati oleh delapan palatih dari delapan klub. Adapun gelaran kegiatannya direncanakan akan digelar pada bulan Agustus mendatang.

Selain untuk menguji kemampuan pemain, gelaran kompetisi mini tersebut juga sebagai upaya pencarian bakat bibit pemain muda di Sampang. Terlebih dari pemain Garuda Hitam (GH) ada empat pemain yang gabung di Madura United. Dua u-16, dua lagi di U-18.

“Tadi malam saya mengundang 8 pelatih dari tim yang aktif. Dan sudah berbentuk wadah, wadahnya itu Forum Pelatih Sampang. Tujuannya untuk memajukan sepakbola di Sampang. Apalgi sepakbola ini fakum, jadi kami agendakan ada kompetisi mini, yang dibentuk dengan 8 tim itu,” ungkapnya, Minggu (19/7/2020).

Ditambahkannya, selain menggelar kompetisi mini, demi mengorbitkan bibit pemain muda, pihaknya akan mengatur lebih banyak menit bermain. Hal itu sebagai wujud  pelatihan dan pembinaan terhadap pemain lokal terus dilakulan. Sebab, jika dibiarkan, maka lambat laun potensi sepakbola di Sampang akan menurun.

Dirinya menungkapkan, gelaran pelatihan dan pembinaan ini dilakukan tiga kali dalam seminggu. Yakni pada hari Minggu, Selasa dan Jum’at yang dilakulan di lapangan Wijaya Sampang.

Adapun delapan klub yang akan mengikuti kompetisi mini, yaitu Putra Pahlawan, Agung Putra, Putra Permata, GH, Mitramat FC dari Camplong, Mitra KSK Krampon, PSP Pengarengan dan PSG Gulbung. Kedelapan klub itu akan dibagi ke dalam dua kelompok.

“Kami mengacu pada level sementara, karena Persesa ada di level sementara. Jadi, evennya kelompok umur sementara. Adapun usia pemain di GH ini campur, tapi rata-rata kelahiran tahun 2000 ke bawah,” pungkasnya. (mal/pin)

Komentar

News Feed