oleh

Komen, Nongkrongsembari Siaga Jadi Relawan Kesehatan

Kabarmadura.id/BANGKALAN– Jangan gampang memberi gambaran buruk terhadap anak muda yang biasangopi di warung. Siapa tahu, mereka adalah sekelompok pemuda yang memiliki aktivitas sosial tersembunyi dan selama ini jarang diekspos.

Gambaran itu, bisa dilihat dari sekelompok pemuda yang yang dipertemukan karena hobi ngopi di warung belakang Stadion Gelora Bangkalan (SGB).  Mereka menamakan dirinya Komunitas Emergency. Yakni, sekelompok pemuda yang memiliki konsen pada penanganan pertama pada gangguan kesehatan di area stadion.

Komunitas yang mereka namakan Komen, sebagaimana cerita ketuanya, David Hidayat, terbentuknya juga secara tidak sengaja. Diawali saat mendengar teriakan warga di warung sebelah yang terkapar kesakitan,para pemuda tersebut akhirnya berinisiatif mengecek identitas dan riwayatnya.

“Nenek tersebut memiliki riwayat penyakit jantung dan diabetes. Waktu itu, teman-teman berusaha membantu nenek tersebut untuk dibawa ke rumah sakit,” cerita David.

Untuk biaya pengobatan nenek yang kemudian diketahui bernama Maryam itu, para pemuda tersebut akhirnya sumbangan sukarela waktu itu. Selain dari pihaknya, sejumlah pemilik warung juga ikut secara sukarela menyumbangkan tenaga dan dana untuk pengobatan Maryam.

Beranjak dari kejadian tersebut, para pemuda tersebut akhirnya bersepakat dan berkumpul sebagai komunitas pemuda yang menangani situasi emergency kesehatan untuk warga sekitar stadion.

“Kejadian hingga adanya kesepakatan membentuk Komen pada tahun 2018 lalu. Kami sebut 10 Oktober sebagai hari lahir Komen,” ulas David.

Pada awal terbentuk, Komen hanya berjumlahkan sebanyak 7 orang. Mereka sama-sama sepakat untuk berperan sebagai relawan terhadap kejadian tidak terduga di bidang kesehatan.

Sejak penanganan perdana terhadap nenek bernama Maryam, Komen sudah seringkali menangani pertolongan pertama berbagai kasus kesehatan. Misalnya, ada kejadian siswa yang kecelakaan di depan stadion. Adanya warga yang pingsan di area stadion.

Aksi-aksi sosial Komen di bidang kesehatan juga mereka curahkan melalui penggalangan dana abadi untuk biaya pengobatan. Termasuk, Komen juga ikut membantu melengkapi persyaratan administrasi terhadap pasien yang ditangani dengan kepemilikan BPJS.

“Upaya terbesar kami adalah memastikan pasien berada di Rumah Sakit dan ditangani oleh dokter dan memastikan keluarganya mengetahui secepatnya. Itu bagian dari pertolongan pertama yang selama ini kami lakukan,” pungkas David. (sae/bri/waw)

 

Komentar

News Feed