Komisi D Panggil BRI Terkait Dugaan Penyelewengan Dana PIP

  • Whatsapp

Kabarmadura.id/Bangkalan-Dugaan penyelewengan dana Program Indonesia Pintar (PIP) dan pengendapan PIP di Bank BRI masih didalami oleh Komisi D Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bangkalan. Hari Selasa (24/3) lalu, komisi D memanggil Dinas Pendidikan (Disdik) Bangkalan dan pihak penyalurnya yakni Bank BRI. Namun, dalam pemanggilan tersebut, komisi D gagal mendatangkan pihak BRI.
Ketua Komisi D DPRD Bangkalan Nur Hasan menuturkan, mangkirnya BRI dalam pemanggilan tersebut karena adanya miskomunikasi. Di mana sekretariat dewan mengirim surat undangan untuk BRI Cabang Bangkalan yang ada di dekat alun-alun Bangkalan melalui Bank BRI yang ada di depan Stadion Gelora Bangkalan (SGB).
“Hanya miskomunikasi saja, tapi sudah kita jadwalkan ulang pemanggilan besok, Jumat (27/3/2020),” ujarnya.
Mengenai pemanggilan tersebut, Nur Hasan ingin membahas mengenai Standar Operasional Prosedur (SOP) tentang pencairan dana PIP. Selain itu, ia juga akan membahas peralihan pencairan PIP yang dari tunai menjadi nontunai. Untuk itu, ia berharap agar kedatangan pihak bank BRI hari ini (Jumat, red) tidak diwakilkan.
“Sebenarnya saya kecewa kemarin kenapa pihak bank BRI tidak datang hanya dengan alasan belum menerima undangan. Padahal serah terima kita sudah ada tanda tangannya. Meski ada miskomunikasi, seharusnya pihak Bank BRI beritikad baik dengan datang,” tuturnya.
Sebelumnya, diketahui juga bahwa anggaran PIP untuk 3.507 anak pada tahun 2019 belum dicairkan. Hal itu diungkapkan langsung oleh Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan SD Disdik Bangkalan, Moh. Yakub. Menurutnya, untuk tahun 2019 sendiri, setidaknya ada 45 ribu anak yang menerima PIP. Menurut Yakub, setiap anak mendapatkan nominal PIP yang berbeda-beda. Untuk kelas 2 sampai 5 akan mendapatkan PIP sebesar Rp450 ribu. Sedangkan untuk kelas 6, penerima PIP hanya Rp225 ribu.
“Yang belum cair menyebar di seluruh kecamatan yang ada di Bangkalan,” tandasnya. (ina/pai)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *