oleh

Komisi I Desak Pengadaan Alat Pencetak KTP di Kepulauan Segera Direalisasi

Kabarmadura.id/Sumenep– Anggota Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sumenep Nurus Salam mendesak agar pengadaan alat pencetak kartu identitas di daerah kepulauan segera direalisasikan. Hal ini karena sangat alat tersebut dibutuhkan oleh masyarakat kepulauan. Sebab, sampai saat ini masyarakat masih kerepotan dalam mengurus hal tersebut.

“Seharusnya, secepatanya ada telaah dari dinas terkait untuk merealisasikan, dan tidak lagi menunda-nunda. Masyarakat jangan selalu diberikan surat keterangan sementara yang tidak bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan -kebutuhan strategis,” katanya, Minggu (12/01/2020).

Nurus menambahkan, dia menitikberatkan ke daerah kepulauan. Menurutnya, jangan sampai masyarakat kepulauan merasa terpinggirkan. Sebab, jika masyarakat kepulauan sering bolak balik mengurus itu, maka akan menguras tenaga dan uang yang cukup besar.

Sementara itu, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Sumenep Sahwan Efendi mangatakan, realisasi alat pencetak kependudukan akan dikomunikasikan dengan Bupati Sumenep Abuya Busyro Karim serta Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Edy Rasyadi. Sebab, sampai saat ini masih terkendala Sumber Daya Manusia (SDM) dari ASN.

“Alat pencetak identitas kependudukan sudah siap. Namun, yang akan mengurus di masing -masing kecamatan tidak ada,” paparnya.

Dijelaskan, dari semua kecamatan akan segera direalisasikan, utamanya di daerah kepulauan. Jika nantinya terelisasi, masyarakat tidak akan repot lagi ke daerah kota untuk mengurusnya. Sebab, di kecamatan masing-masing sudah tersedia.

“Kami butuh ASN masing-masing kecamatan 1 orang, alat pencetak tersebut akan ada print out serta komputer di masing-masing kecamatan,” pungkasnya. (imd/pai)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Komentar

News Feed