Komisi I DPRD Sampang Minta Percepat Pencairan DD

  • Whatsapp
(FOTO: KM/FATHOR RAHMAN) MENUNGGU: Puluhan desa di Kabupaten Sampang belum mencairkan dana desa (DD). 

KABARMADURA.ID, SAMPANG– Belum turunnya dana desa (DD) di puluhan desa cukup berdampak pada pencairan bantuan langsung tunai (BLT) di Kabupaten Sampang. Sehingga Dinas  Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) melakukan percepatan pencairan. Sebab banyak masyarakat belum menerima haknya. 

Apalagi, BLT DD merupakan program pemulihan ekonomi masyarakat. Namun realitasnya, pencairannya tertunda mulai dari tahap 6 hingga tahap 10.Hal tersebut disampaikan Anggota Komisi I DPRD Sampang Aulia Rahman kepada Kabar Madura, Minggu (10/10/2021).

Bacaan Lainnya

“Kami berharap DPMD mencari solusi. Agar semua desa segera bisa mencairkan DD. Selanjutnya, akan berdampak baik pada masyarakat,” ujarnya. 

Menurutnya, kesuksesan administrasi di tingkat desa merupakan faktor keseriusan DPMD. Sebab DPMD mempunyai kewajiban melakukan pembinaan. Termasuk petunjuk percepatan pencairan DD. Sehingga proses pengajuan lebih mudah dilakukan oleh pemerintah desa. 

Selama ini, desa gagal mencairkan DD. Maka, DPMD gagal melakukan pembinaan. Sehingga masyarakat tidak bisa menerima haknya. “Terkecuali ada kerjasama. Antara DPMD dengan pihak desa. Sehingga DD terkesan tidak bisa dicairkan. Tapi kami berharap hal itu tidak terjadi,” ucapnya.  

Sementara itu Kasi Perencanaan Pembangunan Desa DPMD Sampang Moh. Rudy saat dikonfirmasi mengaku, beberapa desa mengalami kesulitan melakukan pencairan. Sehingga sudah berkoordinasi dengan desa untuk mencari solusi. 

“Kami sudah berkoordinasi. Karena pengajuan pencarian berbeda tahun ini. Tapi dalam waktu dekat sudah banyak yang mencairkan,” responnya.  

Sekedar diketahui, dari 180 desa sebanyak 50 desa belum melakukan pencairan. Sementara sisanya sudah berhasil mencairkan untuk tahap II. 

Reporter : Fathor Rahman

Redaktur: Totok Iswanto

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *