Komisi II DPRD Sampang Pertanyakan Prospek Kinerja Pimpinan PDAM

  • Bagikan
(FOTO: KM/FATHOR RAHMAN) EVALUASI: Komisi II DPRD Kabupaten Sampang meminta penjelasan visi dan misi Dirut Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Dani Darmawan tentang 100 hari program kerja.

KABARMADURA.ID, SAMPANG – Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) berupa Perusahaan Air Minum Daerah (PDAM) Trunojoyo Kabupaten Sampang, mendapat perhatian serius dari para wakil rakyat. Mereka memanggil pimpinan BUMD untuk dimintai keterangan mengenai visi dan misi program 100 hari kerja, Kamis (21/01/2021).

Saat itu, Dirut PDAM Trunojoyo, Dani Darmawan membawa tujuh program 100 hari kepemimpinannya. Tujuh program itu, pengoperasian Sumber Rubaruh, operasi sambungan ilegal (Opsil), Pengembangan jaringan dusun kasenih dan bajik, peningkatan kinerja karyawan dengan perubahan struktur organisasi dan tata kerja (SOTK).

Selanjutnya, memory of understanding (MOU) dengan kejaksaan, pengadaan call center, dan pakta integritas bagi karyawan dan maklumat pelayanan.

Anggota Komisi II DPRD Kabupaten Sampang, Agus Khusnul Yakin mengungkapkan, beberapa evaluasi dan pendapat komisi II sudah disampaikan untuk perbaikan manajemen di internal BUMD tersebut. “Kami meminta PDAM melakukan sosialisasi soal pemutusan sambungan ilegal. Sehingga masyarakat bisa mengetahui dampaknya jika terjadi sambungan ilegal,” ujarnya.

Selain itu, adanya perombakan manajemen dan pembenahan struktur jabatan. Salah satunya, jabatan sekretaris yang masih kosong. Sebab selama ini, dinilai manajemen PDAM butuh pembenahan, khususnya soal struktur. Sebab, adanya sekretaris akan membantu tugas pimpinan menyelesaikan masalah.

Sehingga, para manajer di bawahnya fokus pada bidangnya masing-masing. Selama ini, garis koordinasi di manajemen PDAM masih perlu diperbaiki. “Setelah kami mendengar laporan tadi. Hal-hal kecil masih dipikirkan seorang direktur. Semestinya direktur sudah memikirkan prospek kedepan. Jika masih begini maka pimpinan habis memikirkan hal-hal kecil,” katanya.

Sementara itu, Dirut PDAM Trunojoyo, Kabupaten Sampang, Dani Darmawan mengaku, pertemuan itu merupakan pertama kali dengan wakil rakyat. Sehingga, pihaknya diberikan kesempatan mempresentasikan program seratus hari kepemimpinannya. “Beberapa program sudah kami jalankan. Kami targetkan bisa tercapai tujuh garis besar program kami,” katanya.

Baca juga  Cegah Stunting, Dinkes Sampang Sediakan Rp707 Juta untuk Susu

Disinggung soal sejumlah saran dari komisi II, pihaknya berencana masih akan melakukan rapat internal. Sehingga, ada perbaikan dan pembenahan dari program yang direncanakan. (man/ito)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan