oleh

Komisi II Minta Dinas Perikanan Cari Alternatif Bantuan untuk Nelayan

Kabarmadura.id/Sumenep-Komisi ll Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumenep meminta Dinas Perikanan agar mencari bantuan lain untuk nelayan. Hal ini dilakukan karena bantuan untuk Covid-19 yang dijanjikan kepada nelayan tidak kunjung ada kejelasan.

“Kalau sudah tidak terjangkau bantuan tersebut maka sebaiknya cari alternatif lain, karena memang Covid-19 sudah berjalan kurang lebih 3 bulanan, namun selama ini tidak mendapatkan apa-apa,” katanya, Selasa (14/7/2020).

Politisi Partai Gerindra itu juga meminta Dinas Perikanan agar berkaca pada dinas-dinas lain yang mampu berkreasi dalam memberikan bantuan-bantuan baik berupa stimulan yang bisa memberikan keringanan pada para nelayan.

“Yang paling merasakan dampaknya ya nelayan pastinya. Karena meskipun pendapatan ikan banyak, tapi tidak bisa jual kan repot. Makanya kami sering meminta ada bantuan stimulan misalnya dengan memberikan bantuan modal dan lain sebagainya,” imbuhnya.

Menanggapi persoalan tersebut, Kepala Bidang (Kabid) Pemberdayaan Nelayan Kecil Dinas Perikanan, Dinas Perikanan Sumenep M Ibnu Hajar menyampikan, untuk bantuan sosial khusus nelayan itu masih belum ada perkembangan.

Sementara untuk bantuan stimulan sendiri pihaknya masih belum bisa memaksimalkan juga karena seluruh anggaraan yang berada di organisasi perangkat daerah (OPD) masing-masing dikenakan pemangkasan.

“Ya belum cair karena kami belum tahu kapan. Soalnya kami sudah bersurat ke sana (Pemrov Jatim) tapi hasilnya masih nihil, sementara bantuan lainnya juga masih belum ada,” tanggapnya. (ara/pai)

Komentar

News Feed