oleh

Komisi IV Desa Dinsos Sampang Percepat Validasi DTKS

KABARMADURA.ID, SAMPANG  – Pasca pertemuan minggu lalu, Komisi IV DPRD Sampang terus memberikan dukungan adanya validasi data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS). Sehingga, mendorong perbaikan distribusi bantuan sosial (Bansos) di Sampang bisa dilakukan oleh Dinas Sosial (Dinsos).

Desakan itu, menyusul adanya program yang dicanangkan Kementerian Sosial (Kemensos) tentang validasi data kemiskinan. Program itu, dalam rangka update data warga miskin secara valid sejak tahun 2021. Sehingga, perlu tindaklanjut. Hal tersebut diungkapkan, anggota Komisi IV DPRD Sampang, Moh. Faruq, Minggu (21/3/2021).

Pihaknya berharap, pasca pertemuan dengan dinsos ada tindakan cepat. Sehingga ada percepatan validasi data warga miskin. Sebab, dikhawatirkan akan berdampak pada realisasi bansos tahun ini.

“Kami berharap dinsos bergerak cepat soal ini. Makanya dalam pertemuan sebelumnya kami meminta dinas tidak menunggu tapi menjemput bola. Sehingga ada percepatan perubahan validasi data,” ujarnya.

Menurutnya, banyaknya persoalan distribusi bansos hanya bermuara pada data. Sehingga, validasi data menjadi solusi awal perbaikan selanjutnya. Salah satunya, dinsos harus komitmen segera menindaklanjuti program Kemensos. Sehingga ada payung hukum dalam melakukan validasi data.

Selanjutnya, kata dia, tugas dinsos tidak hanya melakukan validasi secara normatif. Akan tetapi, harus ada pengawalan soal kevalidan data. Sehingga, DTKS benar-benar valid. Tujuannya, agar bansos tepat sasaran dan tepat guna.

“Kami mendorong dinsos untuk menjemput bola. Khususnya petunjuk teknis validasi data. Sehingga, realisasi bansos berikutnya sudah menggunakan data valid,” tegasnya.

Sementara itu, Plt Kepala Dinsos Sampang, Fadali sangat mengapresiasi permintaan wakil rakyat. Dia menilai, ada kepedulian dari wakil rakyat mendorong percepatan validasi data. Sehingga pihaknya berjanji, akan mempercepat mendapatkan petunjuk pelaksanaan (Juklak) dan petunjuk teknisnya (Juknis) dalam melakukan validasi.

“Ini langkah positif bagi kami, karena banyaknya dukungan. Dan kami berkomitmen melakukan validasi secepatnya. Saat ini, kami masih berusaha mendapatkan juklak dan juknis,” janjinya. (man/ito)

 

Komentar

News Feed