oleh

Komitmen Tekan Perceraian, Kemenag Sampang Gencarkan Bimwin

Kabarmadura.id/Sampang-Guna terus menekan terjadinya kasus perceraian di wilayah Kabupaten Sampang, Kementerian Agama (Kemenag) Sampang gencar melakukan bimbingan perkawinan (Bimwin) kepada para pasangan pengantin baru, dengan menerapkan protokol kesehatan, bertempat di aula Kantor Kemenag selama dua hari pada tanggal 21-22 September 2020.

Adapun pemateri dalam kegiatan Bimwin, terdiri dari berbagai kalangan, pertama dari Kabid Urusan Agama Islam (Urais) Kemenag Provinsi Jawa Timur, KH Amin Mahfud, Kepala Kemenag Sampang Pardi dan Kasi Bimas Kemenag setempat Moh.Holil dan Kepala Puskesmas Kota Sampang serta diikuti oleh puluhan pasangan pengantin.

Kepala Kemenag Sampang Pardi menuturkan, kegiatan Bimwin kali ini merupakan angkatan yang ketujuh, adapun peserta yakni dari para pasangan pengantin yang sudah terdaftar di aplikasi sistem informasi manajemen nikah (SIMKAH) dan pasangan yang baru melaksanakan perkawinan.

“Bimwin kali ini berlangsung sukses yang diikuti sebanyak 25 pasangan atau sebanyak 50 jiwa,” tutur Pardi kepada Kabar Madura, Selasa (22/09/20).

Dirinya menguraikan, maksud dan tujuan digelarnya Bimwin tersebut, agar terbentuk keluarga yang sakinah, para pasangan keluarga yang baru itu dapat memahami semua seluk beluk bagaimana berumah tangga yang baik, termasuk bagaimana dalam merencanakan perekonomian dan kesehatan keluarga, utamanya bagi para ibu dan anak guna menekan kasus stunting.

Untuk itu, Pardi menegaskan, kegiatan Bimwin tersebut pada dasarnya untuk menekan kasus perceraian, maka diharuskan setiap pasangan yang baru dan akan menikah itu dapat memahami tentang berumah tangga yang baik, sehingga outputnya dapat mewujudkan kehidupan keluarga yang harmonis dan sakinah.

“Yang tak kalah penting, keluarga baru ini dapat memahami hak dan kewajibannya sebagai warga Negara dan masyarakat serta bisa paham betul tentang hukum-hukum berkeluarga demi terwujudnya keluarga yang sakinah,”tutupnya. (sub/mam)

Komentar

News Feed