oleh

Komunitas Dibalik Layar Madura

Kabarmadura.id-Youtube sudah sangat familiar di telinga pembaca. Bahkan, media tersebut tidak sebatas ajang berbagi konten video, namun menjadi ladang penghidupan yang bisa menjanjikan penghasilan ratusan juta atau bisa menjadi miliarder.

Di Madura, tidak sedikit yang menjadi youtuber. Seperti yang tergabung dalam komunitas Youtuber Madura, 150 kreator lebih saling berbagi pengetahuan. Menurut Ketua Youtuber Madura Ahmad Baihaqi, komunitas tersebut didirikan oleh Dedy HS pada 9 Maret 2017. Saat ini, Dedy sedang sibuk bekerja di Jakarta.

“Youtuber Madura dibentuk sebagai wadah silaturrahim para kreator Madura sekaligus untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman seputar konten youtube.Youtuber Madura berdiri pada 9 Maret 2017 yang didirikan oleh Mas Dedy HS,” ujarnya kepada Kabar Madura, Rabu (25/3/2020) pagi.

Guna mengais rezeki di youtube, Ketua Youtuber Madura yang familiar disapa Qiqi ini menyebutkan, dua standar, seperti 1000 subscriber dan 4000 jam tayang. Kata Qiqi, untuk mencapai standar monitisasi itu tidak mudah. Tak ayal, banyak youtuber pemula berhenti karena kesulitan mencapai standar tersebut.

Pria berusia 41 tahun ini menelaskan, di komunitas Youtuber Madura merasa satu keluarga. Ketika terdapat kendala, yakni masalah konten, kurang bersemangat, kesulitan mencapai standar, kerap kali diselesaikan bersama.

“Ini manfaat dari adanya Komunitas Youtuber Madura. Bukan hanya bertukar pikiran dari segi konten, tapi motivasi dan upaya-upaya yang bisa dilakukan bagi yang belum mencapai standar. Walaupun sudah monites, tapi stagnan, kami coba bersama-sama membangkitkan kembali,” sambungnya.

Sejauh ini, empat anggota Youtuber Madura sudah mendapatkan penghargaan dari youtube. Penghargaan tersebut didapatkan tidak terlepas akun youtubenya sudah mencapai 100 Ribu subcriber.

Di samping itu, penghasilan dari beberapa anggota Youtuber Madura bisa mencapai Rp.70 Juta hingga Rp.150 Juta. Pendapatan tersebut berlangsung berbulan-bulan.

150 lebih anggota, sepuluh persen di antaranya sukses di youtube. Bahkan, ada yang pernah berpenghasilan Rp.150 uta dan Rp.70 juta sebulan. Itu berlangsung selama beberapa bulan. Bahkan, ada sekitar 4 orang anggota Youtuber Madura yang sudah mendapat silver play button, penghargaan dari youtube atas capaian 100.000 subscriber,” pungkasnya. (idy/bri)

 

Komentar

News Feed