Komunitas STAR Dorong Warga Peduli Kebersihan Pantai

  • Whatsapp
(FOTO: KM/IST) ANTUSIAS: Anggota Komunitas STAR Saat turun langsung membersihkan sampah di sepanjang Pantai Tlanakan Pamekasan.

KABARMADURA.ID, PAMEKASAN-Berawal dari keinginan untuk memberikan penyadaran terhadap masyarakat di sepanjang pantai selatan mengenai kebersihan lingkungan,  terbentuklah Komunitas STAR yang anggotanya berasal dari Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN)  Pamekasan. Komunitas ini terbentuk pada tahun 2017.

Menurut pembina komunitas STAR Pamekasan Kuryadi, tujuan utama dilestarikannya komunitas yang anggotanya sekitar 25 orang tersebut untuk memupuk rasa solidaritas antara pemuda dan masyarakat dalam rangka menjaga kebersihan lingkungan.

“Semangat kami untuk bisa bergotong-royong membersihkan pantai, sehingga upaya konservasi pantai bisa terus terjaga,” paparnya, Minggu (11/7/2021).

Pria asal Kecamatan Pademawu itu berprinsip bahwa dalam menjaga soliditas anggotanya perlu berbuat tanpa pamrih dan gotong-royong. Sehingga ketika ada anggota baru yang ingin bergabung dipastikan sudah memiliki semangat yang sama untuk mengabdi kepada masyarakat.

“Ajakan kami tidak hanya melalui kata-kata, tetapi langusung tindakan di lapangan, seperti yang kami lakukan dengan membersihkan pantai di Tlanakan,” ulasnya.

Ia menambahkan, komunitas tersebut tidak hanya berfokus pada kebersihan lingkungan pantai, tetapi juga aktif memberikan bantuan berupa sembako kepada masyarakat. Sementara dananya berasal dari sumbangan anggota dan pemberian donatur.

“Harapan kami dengan berbagi kepada masyarakat bisa meringankan beberapa beban yang ditanggung oleh mereka yang kurang mampu,” ujarnya.

Kuryadi berharap, komunitas yang sudah berjalan 5 tahun tersebut bisa semakin solid dan terus bisa berkiprah di tengah masyarakat melalui berbagai kegiatan bakti sosial.

“Kami akan terus berusaha untuk tetap hadir ditengah-tengah masyarakat, meskipun ada keterbatasan,” tukasnya. (rul/maf)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *